Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Resmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pusat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di bawah Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) yang mengintegrasikan 21 perizinan dari kementerian/lembaga negara.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di bawah‎ Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) yang mengintegrasikan 21 perizinan dari kementerian/lembaga negara.

PTSP Pusat merupakan ‎hasil instruksi Presiden Jokowi saat blusukan ke kantor BKPM pada 28 Oktober 2014. Saat itu, BKPM ditargetkan untuk merampungkan PTSP dalam 3 bulan untuk memperlancar pengurusan perizinan investasi di Tanah‎ Air.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan sebanyak 21 K/L telah mendelegasikan wewenang penerbitan perizinan kepada BKPM dan menugaskan pejabatnya pada PTSP Pusat. 

"Investor akan dipermuda‎h dari sisi layanan perizinan dengan tidak lagi mengelilingi Jakarta mendatangi berbagai Kementerian/Lembaga," kata Franky, Senin (26/1/2015).

Untuk mendukung transparansi pelayaann perizinan di PTSP Pusat, BKPM membangun layanan monitoring secara online, yang dapat dimanfaatkan investor untuk memantau proses perizinan yang diajukan. 

"Monitoring online ini juga dapat dimanfaatkan Presiden untuk memantau proses layanan perizinan yang ada, maupun para menteri dapat memonitor langsung kinerja pejabatnya yang menjadi perwakilan pada PTSP Pusat di BKPM," imbuhnya.

Integrasi perizinan di PTSP Pusat di‎harapka menjadi batu locatan untuk Indonesia yang lebih maju, karena tidak bisa dipungkiri, investasi menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional.

Setibanya di BKPM, Jokowi dipandu untuk mengelilingi fasilitas di PTSP Pusat, mulai‎ dari registrasi h‎ingga loket sejumlah K/L, seperti Kemeterian Tenaga Kerja, PU-Pera, Pertah‎anan, dan imigrasi. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

DANA KJP RP3 TRILIUN, Tak Bisa Lagi Tarik Tunai di ATM

Meraup Untung dari Bisnis Jam Dinding Berlogo Klub Sepak Bola

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper