Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kartu Debit Masih Menjadi Primadona Dibadingkan Kartu Kredit

Jumlah kartu kredit dan kartu debit di Indonesia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah kartu kredit dan kartu debit di Indonesia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan.

Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar mengatakan tahun ini potensi pertumbuhan keduanya masih besar melihat dari jumlah masyarakat Indonesia, pertumbuhan masyarakat, serta berkembangnya ekonomi yang menyebabkan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah.

“Secara umum potensinya masih besar, saya lihat perkembangan jumlah kartu kredit dan debit akan sangat pesat. Kartu kredit bisa tumbuh 10% dan kartu debit sekitar 35%,” ucapnya di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Berdasarkan data Statistik Sistem Pembayaran yang dirilis Bank Indonesia, hingga November 2014 jumlah kartu kredit yang beredar sebanyak 15,97 juta keping dengan nilai transaksi  kartu kredit mencapai Rp229,51 triliun atau meningkat dari jumlah yang beredar sepanjang 2013 sebanyak 15,09 juta keping dengan nilai transaksi Rp223,36 triliun.

Sementara itu, banyaknya kartu debit yang beredar sebanyak 97,20 juta keping dengan nilai transaksi Rp4.026,19 triliun atau meningkat dibandingkan pada 2013 sebanyak 83,17 juta keping dengan nilai transaksi Rp3.797,37 triliun.   

Irni menjelaskan pertumbuhan jumlah kartu kredit dan kartu debit MasterCard pada tahun lalu melampaui pertumbuhan industri, yaitu di atas 50% untuk kartu debit dan di atas 10% untuk kartu kredit.

“Untuk keduanya, secara total  member MasterCard di Indonesia ada sekitar 30 juta. Tahun ini kita harapkan bisa tumbuh 10% untuk kartu kredit dan sekitar 30% untuk kartu debit,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper