Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan RS Swasta Enggan Menjadi Mitra BPJS

Persatuan Rumah Sakit Swasta Indonesia mengungkapkan alasannya terkait dengan masih minimnya rumah sakit swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Persatuan Rumah Sakit Swasta Indonesia mengungkapkan alasannya terkait dengan masih minimnya rumah sakit swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Swasta Indonesia Susi Setiawaty mengakui bahwa minat rumah sakit swasta untuk bergabung menjadi mitra BPJS Kesehatan sejauh ini masih sangat rendah.

Selain karena tidak diwajibkan dalam UU, tidak adanya perbedaan tarif antara rumah sakit swasta dengan rumah sakit milik pemerintah juga menjadi pertimbangan bagi pihak swasta untuk menjadi mitra.

Menurutnya, seharusnya pemerintah memberlakukan perbedaan tarif bagi rumah sakit swasta, sehingga pihak swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan tidak terbebani dan tetap bisa mendapatkan keuntungan.

"Kami keberatan dengan tidak adanya perbedaan tarif. Rumah sakit pemerintah semua biaya dan gaji pegawai kan ditanggung negara. Kalau swasta investasi alat kesehatan, gaji pekerja, itu kami tanggung sendiri, tidak ada subsidi atau bantuan dari pihak lain," katanya seperti dikutip Bisnis.com, Minggu (22/2/2015).

Selain tarif, sambungnya, pengelola rumah sakit swasta juga mengeluhkan harga obat dan alat kesehatan yang dipatok terlalu tinggi. Menurut Susi, seharusnya harga dan kemudahan obat serta alat kesehatan harus disamakan antara rumah sakit swasta dengan rumah sakit pemerintah.

"Kami juga ingin kemudahan untuk mendapatkan obat dan alat kesehatan dengan harga yang sama yang berlaku untuk rumah sakit pemerintah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper