Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Perbankan Sulut Targetkan Pertumbuhan Kredit 18%

Industri perbankan Sulawesi Utara menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 18,54% pada tahun ini.
Ilustrasi/forbes.com
Ilustrasi/forbes.com

Bisnis.com, MANADO - Industri perbankan Sulawesi Utara menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 18,54% pada tahun ini, meningkat dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kredit pada 2014 yang hanya mencapai 10,78%.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara F.A. Purnama Jaya mengatakan target pertumbuhan kredit yang naik cukup tinggi tersebut diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Pengembangan sektor jasa keuangan, terutama perbankan, untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya akan menyerap tenaga kerja,” katanya sebagaimana dikutip dari harian Bisnis Indonesia, Kamis (26/2/2015).

Purnama mengingatkan target pertumbuhan kredit pada tahun ini harus dibarengi dengan upaya peningkatkan porsi kredit produktif. Pasalnya, hingga akhir 2014, komposisi kredit masih didominasi oleh kredit konsumsi dengan porsi sekitar 60,54%.

Guna mendorong pertumbuhan kredit produktif, OJK telah menyiapkan sejumlah insentif seperti penghitungan bobot risiko untuk penyaluran kredit ke sektor prioritas seperti infrastruktur, pertanian, perikanan, energi, serta kredit mikro.

Adapun, total penyaluran kredit industri perbankan di Sulut hingga akhir Desember 2014 tercatat senilai Rp26,69 triliun, naik 10,78% secara year on year.

Pada periode yang sama, total DPK yang dihimpun mencapai Rp20,36 triliun, naik 12,42% secara year on year.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper