Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI LIFE, Kinerja Kinclong Berkat Join Venture Sumitomo Life

BNI Life insurance, anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia Tbk terus menorehkan kinerja yang positif sepanjang 2014.
Kinerja bancassurance saat ini telah diperkuat oleh 1.100 orang bancassurance specialist yang tersebar di 1.500 cabang BNI. /Bisnis.com
Kinerja bancassurance saat ini telah diperkuat oleh 1.100 orang bancassurance specialist yang tersebar di 1.500 cabang BNI. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - BNI Life Insurance, anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia Tbk itu terus menorehkan kinerja yang positif sepanjang 2014.

Presiden Direktur BNI Life Insurance Budi T. A. Tampubolon mengatakan perolehan laba pada 2014 mencapai Rp128 miliar atau meningkat 113,3% dari laba pada tahun sebelumnya senilai Rp60 miliar. Sejak 2012, laba yang diperoleh BNI Life terus menerus mengalami peningkatan yang signifikan.

"Pada 2012-2013 laba yang kami peroleh dua kali lipatnya dari Rp30 miliar ke Rp60 miliar. Pada 2013-2014 perolehan laba tumbuh dari Rp60 miliar ke Rp128 miliar," ujarnya di Jakarta..

Perolehan laba senilai Rp128 miliar pada 2014 itu disumbang oleh beberapa sektor, yakni underwriting profit sebagai salah satu sumber pendapatan asuransi dan pendapatan investasi yakni yield yang baik pada 2014 dibanding tahun sebelumnya sehingga berpengaruh pada perusahaan dan penjualan.

Lini bisnis bancassurance masih menjadi tulang punggung perusahaan yang memberikan kontribusi sebesar lebih kurang 70% dari total perolehan premi bruto perusahaan. Pada awal tahun ini, Januari 2015, lini bisnis bancassurance membukukan kinerja tertinggi sepanjang 18 tahun BNI Life berdiri.

Lini bisnis yang memasarkan produknya melalui bank ini mencatat perolehan premi bruto sebesar Rp166,4 miliar (unaudited) yang sebagian besar disumbang oleh new business.

Kinerja bancassurance saat ini telah diperkuat oleh 1.100 orang bancassurance specialist yang tersebar di 1.500 cabang BNI. "Kami targerkan sampai akhir tahun ini akan ada 2000 personel," ucap Budi.

Rencananya, pada tahun ini, BNI Life akan meluncurkan empat produk asuransi jiwa unggulan baru. Produk tersebut terdiri dari produk asuransi jiwa unit link dan tradisional yang tengah menunggu persetujuan dari regulator, yakni Otoritas Jasa Keuangan.

Komisaris Utama BNI Life Yap Tjay Soen menuturkan kinerja BNI Life yang baik ini juga tidak lepas dari kerjasama dalam bentuk strategic partnership dengan Sumitomo Life Company.

Sumitomo Life Company merupakan perusahaan asuransi jiwa ketiga di Jepang dan termasuk jajaran Top 25 perusahaan asuransi terbesar dunia ini. "Dengan startegic partnership bersama Sumitomo Life maka BNI Life akan mendapatkan tambahan modal untuk lebih meningkatkan kegiatan bisnisnya," tuturnya.

Pada akhir tahun lalu, total asset BNI Life naik hampir dua kali lipat yakni dari Rp3.95 triliun menjadi Rp8.08 triliun. "Tambahan modal dari Sumitomo Life memperkuat struktur permodalan perusahaan yang dicerminkan oleh tingkat kesehatan keuangan perusahaan (RBC ratio) sebesar lebih dari 2.400% per Desember 2014, jauh di atas ketentuan regulator sebesar 120%," terang Yap.

Adanya kehadiran strategic partner Sumitomo Life ini dapat memberikan akses kepada BNI Life atas world-class best practices di industri asuransi.

Sumitomo Life juga memberikan technical assistance kepada BNI Life di area teknologi informasi, manajemen risiko, dan pengembangan produk. "BNI Life dan Sumitomo Life akan terus mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya untuk pendidikan dan kesehatan, dan pensiun."

Dia beharap BNI life tumbuh berkembang sebagai salah satu financial group dari Bank BNI. "Kami akan terus kontribusikan pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki agar BNI Life terus berkembang," ucap Honjo. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper