Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Kesehatan Gandeng ICMI Tingkatkan Kampanye Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) guna meningkatkan upaya promotif preventif.

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) guna meningkatkan upaya promotif preventif.

Adapun, yang termasuk program promotif preventif adalah imunisasi dasar lengkap dan vaksinasi, program Keluarga Berencana (KB), dan screening kesehatan. Khusus program terakhir yakni screening kesehatan terdiri dari diabetes mellitus, hipertensi, deteksi kanker serviks, dan kanker payudara.

“Promosi program preventif ini krusial karena tugas BPJS Kesehatan tidak hanya melakukan upaya penyembuhan, tetapi juga upaya pencegahan,” ucap Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris seperti dikutip Bisnis.com, Senin (2/3/2015).

Sebagaimana diketahui, Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pasal 21 Ayat 1, salah satu manfaat pelayanan promotif preventif meliputi penyuluhan kesehatan perorangan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk itu, BPJS Kesehatan berharap kerja sama tersebut dapat memaksimalkan fungsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai wadah edukasi kesehatan sebelum sakit.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyukseskan program promotif preventif melalui program Desa Sehat Mandiri dan optimalisasi fungsi 25 pos sehat yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, dan Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper