Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: Penambahan Modal BPD Penting

Penambahan modal kelompok bank pembangunan daerah dinilai penting dilakukan oleh pemilik untuk pengembangan bisnis bank.

Bisnis.com, JAKARTA--Penambahan modal kelompok bank pembangunan daerah dinilai penting dilakukan oleh pemilik untuk pengembangan bisnis bank.

Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan IV OJK Heru Kristiana mengatakan modal menjadi salah satu pilar penting bagi bank untuk ekspansi bisnis. Menurutnya, pemegang saham pengendali harus mengerti bahwa usaha bank merupakan usaha yang padat modal.

"Jadi, lebih baik pemilik membesarkan bank dahulu dengan memberikan suntikan modal sebelum meminta dividen tinggi daripada dividennya gede tapi bank enggak berkembang," ucapnya di Jakarta, Rabu (25/3).

Adapun, salah satu langkah OJK untuk membantu penguatan modal BPD adalah dengan melayangkan surat kepada para kepala daerah untuk menurunkan rasio dividen.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan hal ini dilakukan dengan harapan dapat memperkuat permodalan dan meningkatkan daya saing kelompok BPD.

“Saya telah menulis surat kepada Kepala Daerah untuk mengikuti langkah pemerintah pusat yang mengurangi setoran dividen bank milik negara,” ucapnya.

Dalam surat tersebut, Muliaman tidak menyebutkan secara rinci berapa sampai di level berapa dividen BPD harus dikurangi.

Dia hanya memberikan contoh pemerintah pusat yang menurunkan rasio dividen bank dengan status badan usaha milik negara (BUMN) sekitar 10%, dari 30% menjadi sekitar 20%.

Menurutnya, respon yang didapat dari para pemimpin daerah cukup positif dengan adanya rencananya peningkatan peran BPD untuk mendukung kegiatan ekonomi di daerah masing-masing.

“Tapi, kemungkinan bisa dilaksanakan dengan cepat atau tidak, harus melihat satu-satu apakah tahun ini sudah mulai ada yang menurunkan. Yang jelas, saya diberi laporan dari BPD, respon kepala daerah baik,” kata Muliaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper