Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: MNC Kapital Boleh Miliki Saham Bank Lebih dari 40%

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan PT MNC Kapital Tbk bisa menguasai lebih dari 40% saham perbankan setelah melakukan entitas merger anak usahanya.

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan PT MNC Kapital Tbk bisa menguasai lebih dari 40% saham perbankan setelah melakukan entitas merger anak usahanya.

Mulya Siregar, Deputi Komisioner OJK, mengataka diskresi itu dilakukan dalam rangka mengurangi jumlah bank. "Bisa saja [lebih dari 40%] sepanjang dia jaga tingkat kesehatannya," ungkapnya kepada Bisnis, Kamis (26/3).

Menurut Mulya, MNC perlu menambah modal jika ternyata pascapenggabungan entitas anak usaha profil risiko memburuk. Mulya mengakui MNC Kapital belum mengajukan permohonan akuisis bank.

Sebagaimana diketahui, dalam aturan kepemilikan saham bank umum yang terbit pada 2012, investor hanya boleh memiliki saham bank maksimal 40%.

Adapun, MNC Kapital menguasai 35,08% saham PT Bank MNC Internasional Tbk per Agustus 2014.

Pada 18 Maret 2015, MNC Kapital mengumumkan tengah melakukan uji tuntas untuk mengakuisisi sebuah bank kemudian akan menggabungkannya dengan MNC Bank.

Darma Putra, Direktur Utama MNC Kapital mengatakan merger ditempuh untuk menciptakan sinergi dengan bank yang akan diakuisisi sehingga bisa meningkatkan penetrasi bank di sektor ritel.

Darma menyebut, MNC Kapital juga telah mengajukan permohonan peningkatan porsi pemilikan saham di MNC Bank kepada OJK.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper