Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Pelat Merah Agresif Sedot Dana Masyarakat

Hingga awal tahun ini, bank pelat merah terpantau kian memacu perhimpunan dana simpanan masyarakat.

Bisnis.com, JAKARTA—Hingga awal tahun ini, bank pelat merah terpantau kian memacu perhimpunan dana simpanan masyarakat.

Dari data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang dipublikasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan hingga Januari 2015, kalangan bank umum membukukan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) di posisi 14% secarayear on year (y-o-y) menjadi Rp4.106,35 triliun.

Sementara itu, kelompok bank persero dan bank pembangunan daerah (BPD) membukukan pertumbuhan DPK lebih tinggi dari rerata industri atau sebesar masing-masing 19% dan 18%.

Adapun, bank persero mencatatkan kenaikan penghimpunan DPK dari Rp1.290,65 triliun pada Januari 2014 menjadi Rp1.533,38 triliun di bulan yang sama tahun ini. Lalu, BPD mencatatkan DPK yang dihimpun naik dari Rp300,96 triliun pada bulan pertama tahun lalu menjadi Rp355,43 triliun di periode yang sama tahun ini.

Sementara itu, kelompok bank umum swasta nasional (BUSN) non devisa, BUSN devisa, dan bank asing mencatatkan pertumbuhan DPK masing-masing sebesar 15%, 13%, dan 6% secara y-o-y pada Januari 2015.

Berbeda, kelompok bank campuran mencatatkan koreksi pertumbuhan DPK atau turun sebesar 8% daari Rp163,4 triliun pada Januari 2014 menjadi Rp150,02 triliun di bulan pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper