Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Bank Dianulir dari Kontributor JIBOR

Jumlah bank yang menjadi kontributor penetapan suku bunga penawaran antarbank atau Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) berkurang 9 bank.

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah bank yang menjadi kontributor penetapan suku bunga penawaran antarbank atau Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) berkurang 9 bank.

Sebelumnya,  jumlah bank kontributor sebanyak 30 bank, akan tetapi setelah menimbang keaktifan bertransaksi di pasar keuangan, angka tersebut semakin berkurang menjadi 21 bank.

"Jumlah bank dikurangi. Dulu ada 30 bank  kontributor dan kini dikaji lagi bank mana saja yang aktif bertransaksi sekaligus memiliki yang memiliki kondisi yang bagus," ungkap Ketua Tim Task Force Pendalaman Pasar Keuangan Tressna Wilda Suparyono, Selasa (31/3/2015).

BI menetapkan 21 bank yang menjadi kontributor, dan suku bunga yang ditawarkan dapat ditransaksikan secara riil di antara 21 bank kontributor tersebut dalam kurun waktu 10 menit sesudah announcement time pukul 10.00 WIB.

Adapun definisi JIBOR seperti diatur dalam PBI Nomor 17/2/PBI/2015 adalah rata-rata dari suku bunga indikasi pinjaman tanpa agunan (unsecured) yang ditawarkan dan dimaksudkan untuk ditransaksikan oleh bank kontributor kepada bank kontributor lain untuk meminjamkan rupiah untuk tenor tertentu di Indonesia.

Data JIBOR itu akan tersedia pada setiap hari kerja dan dipublikasikan melalui situs Bank Indonesia. JIBOR ditetapkan dalam tenor overnight (O/N), 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper