Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Pembiayaan: Kuartal I Merosot, Target Tetap Single Digit

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia meyakini pertumbuhan penyaluran pembiayaan tidak akan mencapai double digit sampai akhir tahun setelah penjualan kendaraan bermotor pada kuartal I/2015 merosot dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia meyakini pertumbuhan penyaluran pembiayaan tidak akan mencapai double digit sampai akhir tahun setelah penjualan kendaraan bermotor pada kuartal I/2015 merosot dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sekjen Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Efrinal Sinaga menyatakan pihaknya tetap yakin industri pembiayaan akan tumbuh, namun hanya berkisar 7-8% saja sampai akhir tahun.

Faktor terbesarnya disumbang oleh prediksi pasar otomotif yang masih akan tumbuh landai pada tahun ini. Seperti yang diketahui, industri otomotif menyumbang 66% dari total penyaluran kredit selama ini.

Meski demikian, dia mengatakan belum ada penurunan suku bunga yang signifikan sehingga industri pembiayaan masih akan tumbuh konservatif.

“Kuartal I memang sesuai prediksi ada penurunan, tapi kami yakin masih tetap tumbuh namun single digit saja sampai akhir tahun ini,” katanya kepada Bisnis, (12/4/2015).

Kendati demikian, Efrinal memperkirakan terjadi pelonjakan permintaan pada kuartal II mengingat akan memasuki masa menjelang hari raya Idul Fitri.
 
Dia mengatakan rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurunkan down payment (DP) untuk syariah menjadi stimulis penjualan kendaraan bermotor akan terdongkrak.
 
“Biasanya ada permintaan yang signifikan menjelang puasa dan lebaran, tapi ini juga dipengaruhi dengan OJK yang akan mengatur DP syariah untuk kendaraan bermotor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Irene Agustine
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper