Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Gandeng Jamkrindo Salurkan Kredit Maritim

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggandeng perusahaan asuransi milik negara Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) dalam menyalurkan kredit maritim.
Perekonomian sektor maritim/Ilustrasi-kkp.go.id
Perekonomian sektor maritim/Ilustrasi-kkp.go.id

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggandeng perusahaan asuransi milik negara Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) dalam menyalurkan kredit maritim.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pemimpin Divisi Bisnis Komersial & Usaha Kecil BNI, Siwi Peni dengan Kepala Divisi Pemasaran Penjaminan Bank Perum Jamkrindo, Lies Permana Lestari dengan disaksikan oleh jajaran Direksi masing-masing Perusahaan.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan kerjasama dengan Perum Jamkrindo dimaksudkan untuk memperluas penyaluran kredit BNI kepada UMKM khususnya kredit pada sektor kemaritiman yang dinilai memiliki potensi yang sangat besar.

"Dengan kerjasama ini, BNI dapat menyalurkan kredit ke debitur yang berpotensi, namun belum tersentuh industri perbankan," ucapnya di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar menjelaskan bahwa kerja sama kemitraan ini merupakan PKS komersil yang pertama." Sangat strategis dan bertujuan lebih meningkatkan kinerja masing-masing pemangku kepentingan baik peningkatan realisasi Kredit/Pembiayaan oleh BNI sekaligus meningkatkan volume Penjaminan oleh Perum Jamkrindo," ujarnya.

Adapun salah satu bentuk dukungan BNI adalah dengan memberikan Kredit modal Kerja (KMK) kepada Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (KOMIRA).

KOMIRA adalah debitur BNI yang bergerak di bidang penangkapan dan perdagangan ikan laut yang dirintis sejak tahun 2003 dengan titik lokasi penangkapan dan pengepulan ikan laut terletak di 8 tempat yaitu di Kendari, Banggai, Manado, Natuna, Pelabuhan Ratu, Ambon, Makassar dan Surabaya. Jumlah nelayan tangkap dan pemindang ikan yang menjadi binaan dari KOMIRA saat ini berjumlah lebih dari 1.000 orang yang tersebar di 8 lokasi diatas serta Jawa dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper