Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor Anjlok, Ekonomi Indonesia Stagnan?

Nilai impor yang merosot bukan indikasi pelemahan tingkat konsumsi domestik, namun merupakan dampak dari harga minyak yang rendah.
Nilai impor per Maret anjlok 13,39%/ilustrasi
Nilai impor per Maret anjlok 13,39%/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Tingkat konsumsi domestik dinilai masih stabil meski anjloknya impor menimbulkan spekulasi staganansi ekonomi Indonesia.

Neraca perdagangan Indonesia secara mengejutkan mencetak surplus US$1,13 miliar pada Maret 2015. Namun, surplus tersebut lebih banyak disebabkan oleh anjloknya nilai impor sebesar 13,39% pada Maret dan mencapai 15,10% pada kuatal I/2015.

Impor yang merosot drastis menimbulkan dugaan stagansi ekonomi pada kuartal I/2015 akibat permintaan domestik yang lemah. Apalagi konsumsi rumah tangga merupakan penyumbang utama tingkat pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia.

Selain itu, penurunan impor bahan baku sebesar 16,62% pada dan pelemahan impor barang modal sebesar 10,31% pada kuartal I bisa menandakan industri domestik mulai mengurangi produksi.

Rangga Cipta dari PT Samuel Sekuritas mengatakan nilai impor yang merosot bukan indikasi pelemahan tingkat konsumsi domestik, namun merupakan dampak dari harga minyak yang rendah.

“Kami percaya pada semester I/2015 ekonomi masih akan tumbuh moderat. Namun, impor yang merosot lebih banyak disebabkan oleh harga minyak yang rendah daripada permintaan domestik yang lesu,” katanya, Kamis (16/4/2015).

Alasannya volume impor masih tumbuh meski nilai impor terus merosot. Volume impor naik dari 33,67 juta ton pada Januari—Maret 2014 menjadi 36,93 juta ton pada Januari—Maret 2015.

Dia menjelaskan harga minyak yang rendah membuat harga barang-barang impor ikut turun. Volume impor bergerak lebih stabil dibandingkan nilai impor yang jatuh menunjukkan dampak selisih harga jauh lebih berpengaruh dibandingkan dampak perubahan permintaan.

“Meskipun demikian, kenaikan volume impor juga tidak cukup baik untuk menunjukkan perkembangan. Ini menjadi indikasi ekonomi masih akan terus tumbuh lemah sepanjang semester I/2015,” kata Rangga.

BPS menyatakan rata-rata harga agrerat barang impor Indonesia turun 22,58% year on year pada Maret 2015, terutama disebabkan oleh anjloknya harga produk migas sebesar 44,04%.

Indikasi pengaruh perubahan harga terhadap impor Indonesia juga tampak dari impor beberapa barang modal yang mulai meningkat pada Maret seiring kenaikan nilai tukar dolar AS.

Mesin dan peralatan mekanik merupakan barang dengan peningkatan nilaiimpor tertinggi pada Maret 2015, naik 14,86% menjadi US$264,4 juta diikuti oleh impor otomotif dan komponen yang naik 15,80% ke US$75,1 juta.

 nilai impor yang merosot bukan indikasi pelemahan tingkat konsumsi domestik, namun merupakan dampak dari harga minyak yang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper