Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APLIKASI ASURANSI TABLET: Terobosan Luar Biasa Industri Asuransi

Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada smartphone dan tablet dinilai sebagai terobosan luar biasa dari industri asuransi.
Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada  smartphone dan tablet dinilai sebagai terobosan luar biasa dari industri asuransi./JIBI
Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada smartphone dan tablet dinilai sebagai terobosan luar biasa dari industri asuransi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada  smartphone dan tablet dinilai sebagai terobosan luar biasa dari industri asuransi.

Ekonom Universitas Indonesia Sulastri Surono mengatakan berbagai aplikasi tersebut bisa menimbulkan gairah baru pada perasuransian di Indonesia.

“Harus diakui, Inovasi ini merupakan kemajuan. Industri asuransi memang harus melakukan terobosan agar tidak tertinggal perkembangan teknologi,” kata Sulastri, (17/4/2015).

Menurutnya,  aplikasi tersebut dapat memanjakan nasabah karena memberikan kemudahan. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa mendukung pelayanan agar semakin prima. Misalnya saja dari sisi kecepatan, akurasi, dan kenyamanan.

Namun, Sulastri mengingatkan industri asuransi harus terus meningkatkan sistem proteksi terhadap kemungkinan ancaman dari luar. Soalnya, aplikasi semacam itu rawan penyalahgunaan dan moralhazard dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Vientje Harijanto , CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance menyatakan salah satu contoh aplikasi tersebut yaitu Malacca EZ yang dikeluarkan perusahaanya.

Menurut Vientje, Malacca EZ memungkinkan nasabah untuk melakukan klaim dengan sangat mudah dan cepat. Saat erjadi klaim akibat kecelakaan, misalnya, nasabah cukup mengirim foto bagian mobil yang tertabrak/penyok melalui aplikasi tersebut.

“Malacca Call Center Officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memproses lebih lanjut klaim tersebut,”katanya.

Menurut Vientje, MalaccaEZ dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store & IOS App Store. Aplikasi asuransi kendaraan bermotor tersebut dapat diunduh oleh semua masyarakat Indonesia, baik nasabah baru maupun lama Malacca Trust Insurance.

Melalui MalaccaEZ, nasabah dengan mudah melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor. Tidak hanya ketika mengajukan klaim, namun juga mulai pembelian polis. Bahkan melalui aplikasi tersebut, nasabah juga bisa melihat layanan mobil derek, layanan ambulan, pemadam kebakaran, mencari kantor perwakilan Malacca Trust Insurance terdekat, mencari kantor polisi, atau memantau kendaraan yang sedang diperbaiki.

Vientje mengatajab aplikasi tersebut  tidak hanya ditujukan untuk membeli asuransi bagi mobil baru saja, tetapi juga untuk mobil bekas dengan langkah yang sama mudahnya.

“Nasabah tinggal memilih produk yang diinginkan. Apakah Comprehensive atau Total Loss Only,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper