Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERETA API BANDARA: Ikut Sindikasi, BNI Berikan Kredit Di Atas Rp500 Miliar

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyalurkan kredit kepada pelaksana proyek Pengembangan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Railink dengan nilai lebih dari Rp500 miliar dengan jangka waktu kredit selama 14 tahun.
Proyek kereta api ke Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng Tangerang/Antara
Proyek kereta api ke Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng Tangerang/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyalurkan kredit kepada pelaksana proyek Pengembangan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Railink dengan nilai lebih dari Rp500 miliar dengan jangka waktu kredit selama 14 tahun.

BNI memberikan pembiyaan dalam  proyek pembangunan tersebut melalui kredit sindikasi bersama tiga bank lain senilai lebih dari Rp2 triliun.

Penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi Pembiayaan Proyek Pengembangan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta antara BNI dan tiga bank lain dengan PT KAI dan PT Railink dilakukan di Jakarta, Senin (20/4/2015). Hadir pada kesempatan ini Direktur Bisnis Banking I BNI Herry Sidharta dan Direktur Bisnis Banking II BNI Sutanto.

Herry mengatakan dalam kerja sama kredit sindikasi ini, masing-masing bank bersepakat memberikan fasilitas kredit senilai Rp362 miliar lebih untuk membiayai Pengadaan dan Pembangunan Prasarana Proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang dilaksanakan PT KAI serta masing-masing membiayai Rp153 miliar untuk Pembangunan Sarana Kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang dilaksanakan PT Railink.

"Dengan demikian, PT KAI akan mendapatkan fasilitas kredit senilai Rp 1,4 triliun lebih (84% dari total biaya proyek), sedangkan PT Railink memperoleh fasilitas kredit Rp 612 miliar (85% dari total biaya proyek)," ujarnya di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Sebelumnya, sinergi BNI dengan KAI telah dilakukan dalam beragam kerja sama bisnis, antara lain pada 2013, BNI terpilih menjadi Bank Operasional bagi KAI untuk memberikan layanan Cash Management terpadu, mulai dari Cash Pickup Service bagi lebih kurang 117 Stasiun KAI untuk 9 DAOP dan 3 Divre, layanan e-payment, e-tax, hingga identifikasi setoran stasiun.                

BNI juga memperkaya layanan bagi pengguna Kereta Api dengan memasang mesin-mesin EDC di loket-loket KAI, melayani e-ticketing untuk KA Pramex jurusan Jogyakarta – Solo, menyediakan kartu prabayar khusus bernama BNI Prepaid Rail Card. BNI juga menjadi bank yang melayani pembayaran gaji bagi 27.000 pegawai KAI, menyediakan Kartu Multi Fungsi khusus untuk pegawai KAI, serta corporate card untuk kebutuhan bisnis manajemen KAI.

Adapun untuk peningkatan sarana dan prasarana perkeretaapian yang sudah didukung oleh BNI adalah memberikan fasilitas berupa Kredit sindikasi pembelian gerbong serta lokomotif di Jawa dan Sumatra, Kredit bilateral untuk memenuhi kebutuhan operasional KAI, serta Fasilitas Kredit kepada anak perusahaan KAI yaitu PT KAI Commuter Jabodetabek untuk pembelian Loko Commuter Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper