Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: Pemda Belum Siap Awasi Lembaga Keuangan Mikro

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan belum ada Pemerintah Daerah di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua yang siap melakukan tugas pengawasan terhadap Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 1/2013.

Bisnis.com, TERNATE - Otoritas Jasa Keuangan menyatakan belum ada Pemerintah Daerah di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua yang siap melakukan tugas pengawasan terhadap Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 1/2013.

“Belum ada [yang siap], namun itu karena regulasi ini masih baru. Kami terus lakukan sosialisasi dan pelatihan kepada pemda,” ujar Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Bambang Kiswono, Kamis (23/4/2015).

Bambang menegaskan apabila pemda belum siap untuk mengawasi LKM, maka tugas tersebut akan dipegang langsung oleh OJK.  Setelah pemda tersebut siap, maka pendelegasian tugas pengawasan terhadap LKM langsung dilakukan.

Sesuai dengan Undang-Undang LKM, pengawasan terhadap LKM didelegasikan oleh OJK kepada pemda. Namun, apabila pemda belum siap  maka wewenang ini bisa didelegasikan kepada pihak lain yang ditunjuk.

Kepala Subbagian Pengaturan LKM 1 OJK, Lisa Murtiawati mengatakan pihaknya sedang merampungkan penyusuan peraturan pelaksanaan UU LKM, pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis pembinaan dan pengawasan.

“Penyusunan peraturan pelaksaan dan pedoman pelaksaan saat ini sudah mencapai 90%, sisanya segera selesai".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper