Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMF: Genjot Perdagangan Untuk Kembalikan Pertumbuhan

IMF memandang perdagangan internasional harus digenjot demi mengembalikan laju pertumbuhan ekonomi pada performa terbaiknya prakrisis global 2008.
IMF./
IMF./

Bisnis.com, JAKARTA— IMF memandang perdagangan internasional harus digenjot demi mengembalikan laju pertumbuhan ekonomi pada performa terbaiknya prakrisis global 2008.

Managing Director Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde mengatakan.perdagangan adalah salah satu mesin pertumbuhan terpenting.

Sebelum krisis pertumbuhan perdagangan internasional mencapai dua kali lipat pertumbuhan global.

Namun, krisis finansial global pada 2008-2009 turut menghantam sektor perdagangan dan membuat perekonomian melembam.

Pada akhirnya, Lagarde menambahkan, guncangan ekonomi itu memicu kebijakan perdagangan bernada proteksionis dan memperparah situasi perdagangan internasional.

“Tahun 2015 akan menjadi tahun keempat pertumbuhan perdagangan mengecewakan. Dengan kata lain, salah satu motor pertumbuhan melambat karena paksaan siklus sekaligus karena faktor struktural,” katanya dalam naskah sambutan yang dilansir dari situs IMF, Jumat (24/4/2015).

Dia menuturkan, salah satu cara mempercepat laju pertumbuhan dunia adalah dengan mengubah iklim perdagangan saat ini. Dalam catatannya aktivitas perdagangan, termasuk perjanjian dagang antarnegara, berpotensi membuat negara memacu produksinya dan secara simultan meningkatkan produktivitas nasional.

Pada gilirannya, hal itu juga bisa memunculkan inisiatif peningkatan infrastruktur pendukung produksi dan perdagangan serta meningkatkan lapangan kerja.

Lagarde menggarisbawahi mendorong produktivitas adalah salah satu agenda penting pemerintah dunia untuk mengembalikan potensi pertumbuhan.

Pasalnya, dalam riset terbarunya IMF menemukan potential growth dalam dua tahun terakhir anjlok ke kisaran 1,5% dari 2,2% selama rentang 2001-2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper