Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Asal Beli Asuransi! Ini Cara Memilihnya

Asuransi akan melindungi seseorang dari berbagai risiko. Mereka yang baru menjadi orang tua memerlukan jenis-jenis asuransi tertentu untuk melindungi keluarga yang baru dibangun, salah satunya adalah asuransi jiwa.
/bisnis.com
/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Asuransi akan melindungi seseorang dari berbagai risiko. Mereka yang baru menjadi orang tua memerlukan jenis-jenis asuransi tertentu untuk melindungi keluarga yang baru dibangun, salah satunya adalah asuransi jiwa.

Perencana keuangan dari One Shildt Financial Planning Pandji Harsanto mengingatkan agar tidak asal-asalan dalam membeli asuransi jiwa.

“Hitung terlebih dahulu berapa uang pertanggungan yang dibutuhkan,” katanya kepada Bisnis.com, baru-baru ini. 

Uang pertanggungan (UP) ini adalah besarnya uang yang akan diterima ketika risiko kematian terjadi. Selain itu hitung pula berapa jangka waktu yang dibutuhkan.

Contohnya, keluarga baru dengan penghasilan Rp10 juta per bulan punya asuransi jiwa dengan UP hanya Rp100 juta. Berarti jika ada risiko kematian pencari nafkah, asuransi jiwa hanya bisa mengganti penghasilan selama 10 bulan.

Nah, idealnya dengan penghasilan Rp10 juta per bulan memerlukan asuransi jiwa dengan UP yang jumlahnya lebih besar. UP sebaiknya dapat menggantikan penghasilan pencari nafkah untuk jangka waktu hingga si anak mapan yaitu usia 23 tahun.

Selain  asuransi jiwa, orang tua baru juga membutuhkan asuransi kesehatan. Dia mengingatkan masyarakat Indonesia bisa menikmati asuransi kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Tak ada salahnya juga memiliki tambahan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta yang bisa memberikan layanan lebih.

"Dengan adanya BPJS Kesehatan, kesehatan seluruh anggota keluarga sudah terlindungi," katanya.

Orang tua baru juga bisa membeli asuransi penyakit kritis dengan besarnya UP minimal 24 kali dari penghasilan bulanan. Dia juga menyarankan untuk memiliki asuransi cacat tetap total dengan UP sebesar 200 kali penghasilan bulanan atau sama dengan kebutuhan UP asuransi jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper