Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Memilih Asuransi Bagi Keluarga Muda

Bicara tentang asuransi bisa jadi akan sangat membosankan dan mengerikan. Setiap orang yang membeli asuransi mungkin juga berharap apa yang diasuransikan tidak akan pernah terjadi.
Ilustrasi/Forbes
Ilustrasi/Forbes

Bisnis.com, JAKARTA--Bicara tentang asuransi bisa jadi akan sangat membosankan dan mengerikan. Setiap orang yang membeli asuransi mungkin juga berharap apa yang diasuransikan tidak akan pernah terjadi.

Namun, bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua, asuransi sebenarnya adalah salah satu cara yang terbaik dan paling hemat untuk memberikan perlindungan finansial yang layak bagi keluarga.

Melalui website-nya, Founder dan Financial Planner dari Mom and Dad Money, LLC Amerika Serikat Matt Becker menjelaskan ada empat jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki oleh para orang tua baru.

Yang pertama adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini akan melindungi terhadap tagihan medis yang tentu saja sulit untuk ditangani sendiri. Saat mengalami sakit yang cukup parah, seseorang biasanya harus menginap di rumah sakit atau membutuhkan biaya rawat jalan yang tak sedikit.

Siapapun mereka, baik lajang atau sudah menikah, fakta yang sederhana yang musti disadari adalah tagihan medis kerap menjadi sangat tinggi. Jika mengingat akan hal ini, melindungi diri dari angka-angka fantastis saat sakit menjadi ide yang baik bukan? Asuransi kesehatan bisa melakukannya.

Kedua, Becker menganjurkan untuk memiliki asuransi jiwa. “Asuransi ini akan melindungi mereka yang bergantung kepada si pemilik polis dalam hal finansial,” katanya.

Misalnya seorang ayah meninggal, maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan sejumlah uang untuk menutupi kebutuhan mereka dalam jangka waktu tertentu.

Ketiga, asuransi cacat jangka panjang. Asuransi ini akan menggantikan sebagian atau seluruh penghasilan jika seseorang terkena masalah kesehatan. Intinya, asuransi jenis ini memungkinkan seseorang tetap bisa membayar tagihan dan menabung untuk masa depan meskipun tidak lagi bisa bekerja.

Apa yang dimaksud cacat? Cacat disini punya arti yang umum termasuk nyeri punggung, kanker, hingga arthritis.

Asuransi cacat adalah produk yang rumit. Ada dua hal khusus yang harus diperhatikan yaitu definisi kecacatan dan pengecualian. Untuk definisi kecacatan, hanya yang memenuhi syarat yang benar-benar akan menerima uang. Pemegang polis asuransi ini juga harus memperhatikan hal-hal yang menjadi pengecualian.

Cukup sulit untuk mencari produk asuransi cacat. Sebaiknya temui perencana keuangan untuk membantu dalam hal ini atau agen asuransi terpercaya yang punya pengetahuan memadai.

Keempat, asuransi tanggung gugat atau liability. Asuransi ini akan membayar kerusakan saat Anda tidak sengaja melukai seseorang atau merusak harta benda mereka.

Bagi orang tua baru, ada baiknya mempertimbangkan keempat jenis asuransi di atas. Apa yang terjadi di masa yang akan datang selalu jadi misteri, tentunya Anda juga tidak mau jika keluarga yang baru dibangun mengalami gangguan finansial yang dahsyat. Asuransi akan membantu untuk meredam gangguan finansial yang mungkin saja dialami keluarga. Selamat memilih asuransi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper