Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengawasan APBN: Jokowi Minta Tak Ada Kebocoran Satu Rupiah Pun

Diharapkan, semua kalau betul-betul ikut memonitor setiap pergerakan anggaran dan lembaga masing-masing dan jangan sampai satu rupiah pun lolos karena ini sistem dan jangka panjang akan memperbaiki tata kelola pemerintahan kita.
Presiden Joko Widodo/Reuters
Presiden Joko Widodo/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah bisa memantau penggunaan APBN secara real time setelah diluncurkan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Presiden Joko Widodo mengatakan SPAN adalah sebuah aplikasi cash management system untuk memudahkan pemerintah memantau keluar masuk anggaran sekaligus objek penggunaannya secara transparan.

"Diharapkan, semua kalau betul-betul ikut memonitor setiap pergerakan anggaran dan lembaga masing-masing dan jangan sampai satu rupiah pun lolos karena ini sistem dan jangka panjang akan memperbaiki tata kelola pemerintahan kita," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (29/4/2015).

Jokowi menambahkan sistem ini akan diterapkan oleh pemerintah pusat dan diikuti oleh pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota. Jika sudah terealisasi pusat hingga daerah bisa dimonitor dana transfer di masing-masing daerah.

Selain transparan, perbaikan pengelolaan anggaran diharapkan memberikan persepsi positif bagi para investor.

Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro mengatakan tujuan utama dari SPAN meningkatkan efisiensi efektifitas akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran dan keuangan negara.

SPAN juga diharapkan dapat memberikan infiormasi yang komprehensif dan tepat waktu mengenai posisi keuangan pemerintah pusat sehingga memudahkan pengambilan keputusan manajemen keuangan pemerintah.

Kemenkeu menyiapkan tools bagi menteri dan ketua lembaga untuk memonitor pelaksanaan anggaran di masing-masing kementerian negara atau lembaga melalui online monitoring span yang berbasis web dan mobile device sehingga para menteri dan ketua lembaga dapat memantau pelaksanaan anggaran pada lingkup kerja masing masing secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper