Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Prediksi Sulsel Alami Inflasi 0,29% pada April 2015

Bank Indonesia memprediksi laju inflasi bulanan Sulawesi Selatan pada April 2015 menyentuh 0,29% karena didorong oleh faktor musiman ekonomi triwulan II sekaligus persiapan menjelang Idul Fitri 2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com. MAKASSAR - Bank Indonesia memprediksi laju inflasi bulanan Sulawesi Selatan pada April 2015 menyentuh 0,29% karena didorong oleh faktor musiman ekonomi triwulan II sekaligus persiapan menjelang Idulfitri 2015.

Noor Yudianto, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel, mengatakan prediksi tersebut merupakan hasil dari survei pemantauan harga yang dilakukan oleh Bank Sentral di 5 kabupaten/kota di Sulsel.

“Kami memprediksi terjadi inflasi 0,29% pada April 2015 dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ujarnya dalam konferensi pers bulanan, Kamis (30/4/2015).

Menurutnya, kenaikan laju inflasi tersebut seusai dengan faktor musiman karena dunia usaha semakin aktif pada triwulan II dibandingkan dengan triwulan I. Selain itu, lanjutnya, ada juga faktor persiapan bulan Ramadhan 2015 yang jatuh pada Juni-Juli mendatang.

“Biasanya sebelum lebaran itu banyak orang menikah sehingga hotel dan ruang pertemuan penuh. Hal ini turut mendorong perekonomian,” ujarnya.

Dia menambahkan secara akumulatif, inflasi pada triwulan II diprediksi akan meningkat dari triwulan sebelumnya. “Para responden rumah tangga memperkirakan tekanan harga pada 3 bulan mendatang semakin besar seiring datangnya bulan puasa dan hari raya idul fitri,” jelasnya.

Meski demikian, dia meyakini tekanan harga akan diantisipasi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah Sulsel melalui berbagai langkah seperti pengelolan pasokan komoditas pangan dan ekspektasi inflasi.

Inflasi Sulsel pada Maret 2015 menembus 0,5% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara laju nflasi tahun kalender 2015 baru 0,05% dan inflasi tahunan 7,13%.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Maret 2015 antara lain : beras, bensin, bahan bakar rumah tangga, mobil dan tukang bukan mandor. Kemudian ikan bandeng, bawang merah, kayu balokan, sop, minyak goreng, donat, cumi-cumi, daging sapi, pemeliharaan/service dan baju kaos berkerah.

Badan Pusat Statistik biasanya mengumumkan data inflasi setiap bulan pada tanggal 1. Namun, karena pada 1 Mei  bertepatan dengan hari Libur untuk memperingati Hari Buruh Sedunia, maka penguman data inflasi dilakukan pada Senin (4/5/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper