Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Sumut Kuartal I/2015 Meroket 141%

Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatra Utara mencatat sepanjang kuartal I/2015 mencapai Rp4,75 triliun. Adapun, total tersebut mencapai 43,18% dari target realisasi investasi Sumut sepanjang tahun ini yakni Rp11 triliun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN - Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatra Utara mencatat sepanjang kuartal I/2015 mencapai Rp4,75 triliun. Adapun, total tersebut mencapai 43,18% dari target realisasi investasi Sumut sepanjang tahun ini yakni Rp11 triliun.

Kepala BPMP Sumut Dewi Purnama mengatakan realisasi tersebut juga meningkat 141,1% dibandingkan dengan realisasi pada kuartal I/2014 yakni Rp1,97 triliun.

"Realisasi pada awal tahun ini didominasi oleh penanaman modal asing yakni US$308,1 juta atau Rp3,85 triliun. Sementara itu penanaman modal dalam negeri Rp905,1 miliar. Total proyek PMA 123 buah dan PMDN 53 proyek," tutur Dewi, Kamis (30/4/2015).

Dewi memerinci capaian tersebut membawa Sumut berada pada urutan kesepuluh PMDN dari seluruh provinsi di Indonesia, sementara PMA urutan kedelapan.

Jika dilihat berdasarkan sektor, energi mendominasi realisasi investasi baik PMA maupun PMDN. Dewi memerinci, untuk PMA energi memperoleh Rp2,1 triliun dari 12 perusahaan. Sementara itu, PMDN sektor energi mendapatkan Rp556,06 miliar dari tiga perusahaan.

"Selama ini Sumut kekurangan energi. Ini yang menjadi peluang untuk menarik investor. Sebenarnya sudah sejak tahun lalu banyak investor yang ingin masuk, tapi baru awal tahun ini terealisasi. Ke depan kami berharap investasi energi terus meningkat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut," pungkas Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper