Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi di Kota Solo Tertinggi se-Jateng, Ini Penyebabnya

Kota Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang pada April 2015 mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,35% dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG - Kota Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang pada April 2015 mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,35% dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

Dari enam kota survei biaya hidup yang dirilia Badan Pusat Statistik Jawa Tengah menyebutkan lima kota mengalami inflasi dan satu kota mengalami deflasi.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jateng Jam-Jam Zamachsyari mengatakan kota SBH yang mengalami inflasi tertinggi yakni Kota Solo sebesar 0,35% diikuti Kota Kudus sebesar 0,21%.

Adapun inflasi di Kota Semarang angkanya diurutan ketiga sebesar 0,17%, Kota Purwokerto sebesar 0,15% dan inflasi terendah di Jateng yakni Kota Cilacap sebesar 0,02%.
"Sedangkan deflasi terjadi di Kota Tegal sebesar 0,10%," papar Jam Jam di BPS Jateng, Senin (4/5/2015).

Dia mengatakan inflasi secara keseluruhan di Jateng sebesar 0,17% atau lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 0,16%. Faktornya disebabkan oleh naiknya harga bensin, bawang putih, tarif kereta api, bahan bakar rumah tangga dan gula pasir.

Menurut Jam Jam, penyumbang inflasi di Kota Solo yaitu melonjaknya harga bensin, bawang putih, nangka muda, gula pasir dan jeruk.

Adapun deflasi di Kota Tegal terutama disebabkan penurunan harga beras, semen, salak, pepaya, dan minyak goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper