Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Anggap Penerbitan NCD Lebih Mudah Ketimbang Obligasi

Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Iman Nugroho Soeko menuturkan bahwa penerbitan NCD (negotiable certificate of deposits) memiliki proses yang lebih cepat dan mudah.
Aktivitas di Bank BTN. /
Aktivitas di Bank BTN. /

Bisnis.com, JAKARTA - -Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Iman Nugroho Soeko menuturkan bahwa penerbitan NCD (negotiable certificate of deposits) memiliki proses yang lebih cepat dan mudah. Dengan kata lain, NCD tidak perlu mengikuti semua prosedur baku penerbitan obligasi dengan banyak lembaga penunjang penerbitan.

Iman menuturkan rencana penerbitan obligasi senilai Rp1 triliun yang pada semester I/2015  telah mempertimbangkan kebutuhan perseroan. Menurutnya, instrumen tersebut, sudah sesuai  dengan kebutuhan jangka menengah yakni 6 bulan, 12 bulan dan 18 bulan.

"Kebutuhan dana bank cukup jangka menengah. Harga NCD lebih murah daripada obligasi," ujarnya pada Bisnis.com, Senin (4/5/2015).

Tak mau ketinggalan,  PT Bank Mandiri Tbk juga telah merencanakan penerbitan NCD yang akan dirilis dalam waktu dekat. Direktur Treasury Bank Mandiri Pahala N. Mansury mengungkapkan siap untuk mencari pendanaan selain dari dana pihak ketiga (DPK).

"NCD dalam rupiah. Sudah ada beberapa [instrumen yang direncanakan] dalam pipeline," ungkapnya baru-baru ini.

Pahala menambahkan rencana penerbitan NCD tersebut untuk mendukung pertumbuhan fungsi intermediasi perseroan. Dia menambahkan NCD merupakan tahap pertama pendanaan, dan tidak menutup kemungkinan akan menyusul instrumen lain.

Untuk rencana penerbitan NCD, Pahala mengungkapkan bank berkode BMRI ini telah memilih dua arranger lokal. Di tengah antusias bankir untuk menerbitkan NCD, maka rencana tersebut juga perlu diwaspadai sebab, dua otoritas pengawasan bank belum menyertai dengan regulasi yang mendalam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper