Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Multiguna Melonjak, Sektor Konsumsi di Balikpapan Terselamatkan

Kredit konsumsi di Balikpapan tumbuh hingga 10% pada kuartal pertama 2015. Pertumbuhan ini didongkrak oleh pertumbuhan year on year (y-o-y) sektor kredit multiguna sebesar 43%.
Kota Balikpapan waktu malam./Bisnis
Kota Balikpapan waktu malam./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Kredit konsumsi di Balikpapan tumbuh hingga 10% pada kuartal pertama 2015. Pertumbuhan ini didongkrak oleh pertumbuhan year on year (y-o-y) sektor kredit multiguna sebesar 43%.

Pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mencatat pertumbuhan kredit multiguna turun sebesar -7%. Sementara pada kuartal IV 2014, pertumbuhan kredit multiguna di Balikpapan mencapai 41%.

“Namun, pangsa penyaluran kredit konsumsi di Balikpapan masih didominasi oleh kredit pemilikan rumah [KPR] sebesar 40,5%, diikuti oleh kredit kendaraan bermotor 25,6%, dan kredit multiguna 20%,” tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani, Jumat (8/5/2015).

Sekalipun mendominasi pangsa penyaluran kredit, pertumbuhan kredit KPR di Balikpapan justru mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya, yakni 8%. Pada kuartal sebelumnya, pertumbuhan KPR mencapai 10%.

Suharman menganggap pertumbuhan KPR masih terbilang positif. Pangsa penyaluran KPR terbesar masih didominasi oleh pembelian rumah tipe 22-70 dengen persentase 63,8%. Sementara pembelian rumah tipe 21 memperoleh pangsa 7,8% dan rumah tipe diatas 70 memperoleh pangsa 28,3%.

“Kredit konsumsi di sektor KPR memang menurun dari periode sebelumnya. Ini memang ada pelemahan di sektor-sektor tertentu. Tidak hanya terjadi di Balikpapan saja, tapi di Kaltim dan secara nasional juga begitu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper