Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GUBERNUR BI : Inflasi Terkendali

Bank Indonesia menyatakan inflasi pada April 2015 tetap terkendali dan mendukung pencapaian sasaran inflasi hingga akhir tahun 2015 yakni 4,01%.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan inflasi pada April 2015 tetap terkendali dan mendukung pencapaian sasaran inflasi hingga akhir tahun 2015 yakni 4,01%.
 
Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo mengatakan inflasi indeks harga konsumen (IHK) bulan April 2015 tercatat sebesar 0,36% (m-t-m) atau 6,79% (y-o-y), meningkat dari 0,17% (m-t-m) dan 6,38% (y-o-y) di bulan sebelumnya.
 
"Peningkatan tekanan inflasi bersumber dari kenaikan kelompok barang dan jasa yang harganya diatur pemerintah atau administered prices, sementara tekanan inflasi yang bersumber dari kelompok inti dan bahan makanan bergejolak atau volatile food relatif masih terjaga," ujarnya saat konferensi pers di Gedung BI, Selasa (19/5/2015).
 
Peningkatan inflasi administered prices, lanjutnya, didorong oleh kenaikan harga bensin premium dan bensin solar di akhir bulan Maret 2015, tarif angkutan dalam kota, serta bahan bakar rumah tangga.
 
Sementara itu, kelompok volatile food secara bulanan masih mencatat deflasi seiring dengan masa panen.
 
Dia menambahkan inflasi inti relatif terjaga dan tercatat sebesar 0,24% (m-t-m) atau 5,04% (y-o-y), seiring dengan permintaan domestik yang masih moderat dan ekspektasi inflasi yang terkendali.
 
"Ke depan, kami akan terus mencermati berbagai faktor risiko yang memengaruhi inflasi, khususnya terkait dengan perkembangan harga minyak dunia, penyesuaian administered prices, serta faktor musiman menjelang Ramadhan dan lebaran," tutur Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper