Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan Segera Tiba, Awas Jangan Boros

Apa yang sebenarnya membuat pengeluaran membengkak saat Ramadan? Bagaimana mengatur keuangan keluarga agar tidak boros?
 Para ibu biasanya kerap mengeluh karena mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak terutama untuk keperluan konsumsi keluarga./Antara
Para ibu biasanya kerap mengeluh karena mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak terutama untuk keperluan konsumsi keluarga./Antara

Bisnis.com, JAKARTA --Tak terasa, sebentar lagi Ramadan tiba. Para ibu biasanya kerap mengeluh karena mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak terutama untuk keperluan konsumsi keluarga. Apa yang sebenarnya membuat pengeluaran membengkak saat Ramadan? Bagaimana mengatur keuangan keluarga agar tidak boros?

Langkah pertama yang bisa dipraktekan untuk mengatur pengeluaran selama Ramadan yaitu membuat daftar menu selama satu bulan. Para ibu seringkali bersemangat membuat daftar menu berbuka puasa dan makan sahur untuk keluarganya. Nah, kebiasaan ini baik untuk membantu mengerem pengeluaran selama Ramadan.

Perencana keuangan dari PT Zapfindo Arzieta Perdana (ZAP Finance) Prita Hapsari Ghozie menuturkan selain menu, cantumkan pula bahan makanan yang diperlukan, hingga jumlah orang yang akan ikut makan. “Tujuannya agar bahan makanan yang dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan,” katanya kepada Bisnis.

Jika sudah punya rencana untuk berbuka puasa di luar rumah, maka untuk beberapa hari tidak perlu membeli bahan makanan di pasar.

Selanjutnya, aturlah alokasi pos pengeluaran. Saat Ramadan, keluarga akan memperoleh masukan lebih berupa tunjangan hari raya (THR). Pandai-pandailah untuk membedakan penggunaan gaji dan THR. Untuk pengeluaran bulanan selama Ramadan gunakanlah uang gaji, sementara untuk pembelian baju baru dan lainnya dapat menggunakan THR. Selain itu, batasi penggunaan kartu kredit selama Ramadan. Tidak mau kan melihat tagihan yang tinggi setelahnya?

Ada beberapa faktor yang bisa membuat pengeluaran sebuah keluarga membengkak saat Ramadan. Penulis buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya ini menyebutkan salah satunya adalah kebiasaan untuk berbuka puasa di luar rumah setiap hari, seperti makan di restoran.

Faktor lainnya yaitu membuat acara buka puasa bersama. Selama melakukan ibadah puasa, banyak orang ingin sesekali berkumpul bersama keluarga besar, teman, atau rekan kerja sembari buka puasa bersama. Tapi ingat, membuat acara buka puasa bersama juga kerap memerlukan biaya tak sedikit. Jangan sampai setelah acaranya lewat, kepala menjadi puyeng karena tidak pandai dalam mengatur pengeluaran untuk hal ini.

Memberi bingkisan kepada sanak saudara dan rekan-rekan juga bisa merogoh kocek tak sedikit. Selain itu, kebiasaan lain yang dapat menguras kantong saat Ramadan adalah membeli barang-barang baru seperti televisi, handphone, atau mengganti kendaraan. Nah, pandai-pandailah mengatur pengeluaran selama Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia Week end edisi 24/5/2015

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper