Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI KTI: Pemprov Sulut Lobi TPID dengan 5 Ide

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan melobi di Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk bisa memajukan kawasan timur Indonesia melalui sejumlah ide-ide.
Pelabuhan Bitung/Antara-Fanny Octavianus
Pelabuhan Bitung/Antara-Fanny Octavianus

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan melobi Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk bisa memajukan kawasan timur Indonesia melalui sejumlah ide-ide.

Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil mengungkapkan dalam Rakornas TPID tersebut pihaknya bakal menyampaikan lima pokok pikiran untuk memajukan kawasan timur Indonesia.

“Kelima pokok pikiran itu adalah percepatan pembangunan proyek infrastruktur pertanian, jalan, kemaritiman, energi untuk meningkatkan kapasitas dan konektivitas daerah-daerah di kawasan Indonesia timur,” katanya seperti dikutip dari laman Humas Pemprov Sulut, Rabu (27/5/2015).

Dia menilai perlu ada pemberian perlakuan khusus dari pemerintah pusat kepada kawasan Indonesia timur, antara lain dalam bentuk insentif APBD dan subsidi jangka pendek.

Selain itu, dia juga meyakini kebijakan dan implementasi administered prices yang terkelola dengan baik yang dapat mendukung target pencapaian inflasi.

“Peningkatan perdagangan antar daerah di KTI untuk memperlancar arus barang dan jasa dari daerah surplus ke daerah defisit dengan didukung oleh informasi stok dan harga bahan-bahan pokok  dan barang strategis yang terintegrasi serta peningkatan peran Bulog dalam menjaga stok dan stabilitas harga beras dan komoditas strategis lainnya yang berpengaruh besar terhadap inflasi,” katanya.

Rencananya, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VI Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bakal digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pukul 08.30 WIB. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper