Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Lebaran, Ini Instruksi Jokowi untuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Presiden Joko Widodo mengintruksikan Tim Pengenalian Inflasi Daerah untuk melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian dalam pengawasan gudang dan distributor barang. Utamanya, komoditas pangan pendorong inflasi, seperti beras, daging ayam, daging sapi, cabai, dan bawang merah.
Jokowi blusukan di Pasar Modern BSD Serpong Tangerang Selatan Senin (13/4/2015). Akhirul Anwar
Jokowi blusukan di Pasar Modern BSD Serpong Tangerang Selatan Senin (13/4/2015). Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengintruksikan Tim Pengenalian Inflasi Daerah untuk melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian dalam pengawasan gudang dan distributor barang. Utamanya, komoditas pangan pendorong inflasi, seperti beras, daging ayam, daging sapi, cabai, dan bawang merah.

Di depan kepala daerah se-Indonesia peserta Rapat Koordinasi Nasional VI TPID, Jokowi menegaskan distributor beras harus terus dikontrol dan diawasi agar tidak menimbun dan memainkan harga. Untuk mengawasi distributor besar, Jokowi menginstruksikan agar TPID melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian.

"Kalau yang ngecek Bank Indonesia, Pemda, Kejakasaan, Kepolisian akan berpikir 1.000 kali untuk menimbun dan memainkan harga.Saya titip juga ke Pak Kapolri, Pak Jaksa Agung agar diperintahkan jajaran bawahnya masalah inflasi jadi perhatian‎," kata Jokowi di Hotel Grand Sahid, Rabu (27/5).

Presiden meminta TPID sesering mungkin terjun ke lapangan untuk memantau gudang dan distributor besar.

"Harus terus dikontrol sehingga distributor besar merasa mereka diawasi. Jangan sampai mereka merasa tidak diawasi, menimbun barang dan mema‎inkan harga. Ini yang paling penting," ujarnya.

‎Jokowi menuturkan pengawasan ketat terhadap gudang dan distributor besar pernah dilakukan saat menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, lanjutnya, pengawasan terhadap gudang dan distributor besar.

"‎Saya ingat saat jadi walikota, inflasi di Solo 1,53%, karena setiap dua minggu kita datangi gudang-gudang distributor, selalu saya sampaikan hati-hati jangan stok barang, hati-hati stokmu harus keluar," tuturnya.

Dengan pengawasan yang diperketat, permainan harga oleh distributor besar dapat dihindari. Utamanya di daerah-daerah yang jangkauannya sulit, seperti kabupaten-kabupaten tertinggal, terluar, dan perbatasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper