Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sulut Tingkatkan Kredit Produktif

PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara (Bank Sulut) berupaya memperluas kredit di sektor riil, terutama pembiayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 Bank Sulut/banksulut.co.id
Bank Sulut/banksulut.co.id

Bisnis.com, MANADO—PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara (Bank Sulut) berupaya memperluas kredit di sektor riil, terutama pembiayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama Bank Sulut Johanis Ch. Salibana merespons positif pesan Presiden Joko Widodo kepada seluruh BPD di seluruh Indonesia dalam pencanangan program Transformasi BPD di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, upaya pelebaran di sektor produktif akan menjadi target Bank Sulut ke depan seiring dengan memantapkan bisnis inti perbankan menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mendatang.

“Bank Sulut sangat merespons kebijakan pemerintah pusat, terutama program Transformasi Bank Pembangunan Daerah. Ke depan, Bank Sulut mengupayakan akan memperluas kredit di  sektor riil terutama pembiayaan sektor UMKM,” tuturnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/5/2015).

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi meminta BPD mengembangkan mindset global, sehingga dapat bersinergi dalam pengembangan bisnis perbankan.

Presiden berpesan, agar BPD dapat terjun ke sektor produktif, termasuk UMKM dan memperkecil kredit konsumtif.

Tercatat, kredit di sektor produktif BPD hanya 26%, sedangkan sektor konsumtif 74%. “Untuk sektor konsumtif harus mulai berani membalik itu, kalau ingin negara kita menjadi lebih baik. Jangan sampai pertumbuhan ekonomi kita tumpukan pada sektor konsumsi,” pesan Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper