Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK dan Banco Central de Timor Leste Lanjutkan Kerjasama

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Banco Central de TimorLeste atau Bank Sentral Timor-Leste sepakat untuk terus memajukan kerjasama di bidang sektor keuangan sebagai bagian kerjasama bilateral kedua negara yang telah berjalan dengan baik.
Bentuk dari MoU itu home-host supervision dan peningkatan kapasitas pengawasan sektor jasa keuangan termasuk financial inclusion dan financial education.  /BancoCentral
Bentuk dari MoU itu home-host supervision dan peningkatan kapasitas pengawasan sektor jasa keuangan termasuk financial inclusion dan financial education. /BancoCentral

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Banco Central de TimorLeste atau Bank Sentral Timor-Leste bersepakat untuk memajukan kerjasama di bidang sektor keuangan sebagai bagian kemitraan bilateral kedua negara yang berjalan dengan baik.

Pembahasan kelanjutan kerjasama kedua otoritas itu menjadi kesepakatan pembicaraan dalam pertemuan OJK dan Bank Sentral Timor-Leste dalam kunjungannya ke Kantor OJK di Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta, hari ini, Rabu (27/5/2015).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan dalam pertemuan tersebut dibahas agenda terkait kerjasama pengawasan atau supervisory cooperation dengan sub topik yakni join examination, capacity building dan financial inclusion.

"Hal ini dilakukan mengingat besarnya peluang kerjasama dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan dan keahlian kedua otoritas dalam pengawasan sektor jasa keuangan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

OJK dan Bank Sentral Timor-Leste menyetujui sejumlah kesepakatan, yakni adanya kerjasama lebih erat antara OJK dan Bank Sentral Timor Leste yang akan diformalkan melalui memorandum of understanding (MoU) yang akan diselesaikan dalam tahun ini.

Bentuk dari MoU, lanjutnya, home-host supervision dan peningkatan kapasitas pengawasan sektor jasa keuangan termasuk financial inclusion dan financial education.

"MoU ini menjadi penting mengingat Bank Mandiri telah hadir dan menguasai pasar di Timor-Leste serta keberadaan asuransi Sinarmas di negara itu. Selain itu, terdapat potensi kehadiran perbankan Indonesia lainnya di Timor-Leste setelah penandatanganan MoU," kata Muliaman.

OJK, tambahnya, mendukung perkembangan industri jasa keuangan di Timor-Leste dan bersedia untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui kerjasama pengembangan regulasi dan masterplan sektor jasa keuangan di Timor-Leste.

Gubernur Bank Sentral Timor-Leste Abrao de Vasconselos menuturkan komunikasi antarinstitusi sangatlah penting untuk menghindari miskomunikasi dan perbedaan persepsi yang mungkin timbul dan menghambat prosedur perijinan dan pengawasan lembaga jasa keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper