Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Profil 3 Calon Dirjen Bea Cukai

Seleksi Dirjen Bea Cukai pengganti Agung Kuswandono telah memasuki babak akhir. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro segera menyerahkan tiga nama kandidat yang sudah berada di kantongnya kepada Presiden Joko Widodo. Lalu, siapa dan bagaimana profil tiga kandidat itu?

Bisnis.com, JAKARTA—Seleksi Dirjen Bea Cukai pengganti Agung Kuswandono telah memasuki babak akhir. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro segera menyerahkan tiga nama kandidat yang sudah berada di kantongnya kepada Presiden Joko Widodo. Lalu, siapa dan bagaimana profil tiga kandidat itu?

Sumber-sumber Bisnis mengungkapkan ketiga nama itu adalah Heru Pambudi, Susiwijono, dan Syafri Adnan Baharuddin. Belum ada konfirmasi resmi dari Kementerian Keuangan terhadap tiga nama itu. Menkeu Bambang sendiri memilih menyembunyikannya.

Dari pengecekan Bisnis, Heru Pambudi yang kini menjabat Direktur Penerimaan dan Kepabeanan Ditjen Bea Cukai, sebelumnya adalah Direktur Fasilitas Kepabeanan. Dia juga punya pengalaman penyidikan, saat menjadi Kasubdit Intelijen Direktorat Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai.

Heru mulai beberapa kali terlibat kontak dengan pers dan para pengguna pabean secara lebih luas setelah menjabat sebagai direktur fasilitas kepabeanan. Beberapa wartawan yang sempat menjalin kontak dengannya mengatakan tidak ada masalah dengan Heru, meski yang bersangkutan terlihat jaim.

Di antara tiga kandidat ini, Susiwijono dikenal paling terbuka kepada pers alias tidak pelit informasi. Beberapa wartawan senior menjulukinya kamus berjalan di Bea Cukai, terutama karena kecerdasannya menjawab dan menjelaskan berbagai hal ikhwal menyangkut kebijakan kapabeanan dan cukai.

Susiwijono pernah menjabat sebagai Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai pada 2010 dan Direktur Penerimaan Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai pada 2012. Salah satu kritik terhadapnya adalah miskinnya pengalaman teritorial, karena tidak pernah menjabat sebagai kanwil.

Adapun, Syafri dikenal bukan sebagai orang Bea Cukai. Dia tercatat beberapa kali mencalonkan diri sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan tidak pernah terpilih. Terakhir, di pengujung tahun lalu, dia juga mendaftar dalam seleksi terbuka dirjen pajak yang juga tidak terpilih.

Syafri berkarir pertama kali di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sebelum akhirnya berlabuh di BPK sebagai auditor utama Anggota Keuangan Negara II. Terakhir, Syafri menjabat sebagai Duta Besar RI untuk WTO hingga menjadi tenaga ahli di Kementerian Perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bastanul Siregar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper