Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enggan Terjebak Utang? Ini Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman

Co-Founder & Managing Director HaloMoney.co.id Simon Costello mengatakan manfaat utama yang bisa didapatkan dari produk pinjaman bank yakni membiayai berbagai tujuan finansial tanpa harus menunggu terlalu lama.
Utang/Ilustrasi
Utang/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Co-Founder & Managing Director  HaloMoney.co.id Simon Costello mengatakan manfaat utama yang bisa didapatkan dari produk pinjaman bank yakni membiayai berbagai tujuan finansial tanpa harus menunggu terlalu lama.

"Dengan perencanaan keuangan yang baik dan benar, produk pinjaman bisa membantu Anda meningkatkan kualitas kondisi keuangan dan arus kas," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (17/6/2015).

Berikut beberapa tips tersebut:

1. Sebelum mengajukan pinjaman, jangan lupa untuk membandingkan beberapa produk pinjaman terlebih dahulu dengan cermat.

"Dengan membandingkan Anda bisa mendapat produk pinjaman yang benar-benar dibutuhkan dengan manfaat yang maksimal," kata Simon.

Cobalah untuk bersabar sampai beberapa cicilan lunas atau mendapatkan masukan tambahan.

2. Kenalilah istilah-istilah dari poduk pinjaman.

Apakah Anda sudah familiar dengan beberapa istilah seperti bunga pinjaman fixed atau variable rate, annual fee, biaya di muka? Apakah Anda sudah paham mengenai cara penghitungan cicilan utang yang hendak Anda ambil?

Apabila jawabannya belum, Anda harus mencari informasi yang lengkap terlebih dulu, di Internet atau dengan bertanya kepada teman.

"Sangatlah penting bahwa Anda benar-benar memahami karakter dari produk pinjaman yang hendak diambil sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada pihak bank, termasuk rincian biaya, cicilan utang dan promo yang ditawarkan," tutur Simon.

3. Bandingkan beberapa produk pinjaman dari banyak bank.

Simon menuturkan agar menghindari menerima pinjaman yang ditawarkan secara acak meskipun Anda sedang membutuhkan sebelum melakukan komparasi.

Selalu bandingkan dulu beberapa produk karena bisa jadi bank lain menawarkan suku bunga yang lebih rendah, biaya administrasi lebih ringan atau jangka waktu pinjaman yang lebih panjang.

"Apabila tidak ada waktu untuk mengunjungi bank, gunakan kecanggihan teknologi dan keterbukaan informasi dengan melakukan komparasi di berbagai situs perbandingan produk dan layanan keuangan," ucap Simon.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper