Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Rilis Statistik Sistem Keuangan Indonesia

Bank Indonesia menerbitkan Statistik Sistem Keuangan Indonesia (SSKI), yang akan terbit setiap tiga bulan sekali.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menerbitkan Statistik Sistem Keuangan Indonesia (SSKI), yang akan terbit setiap tiga bulan sekali.
 
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segaea mengatakan SSKI kuartal I/2015 ini berisi kumpulan indikator-indikator yang menggambarkan perkembangan lembaga keuangan, pasar keuangan, infrastruktur keuangan, termasuk elemen/sektor/pelaku ekonomi terkait yaitu korporasi dan rumah tangga.
 
"Selain itu, SSKI juga menyajikan beberapa indikator yang berkaitan dengan kondisi keuangan Pemerintah, Keuangan Inklusif (KI), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta properti yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam mendukung efektivitas kebijakan Makroprudensial/Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/6/2015).
 
Secara umum, tujuan dipublikasikannya SSKI adalah menyediakan dan melengkapi data/statistik kondisi sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan stakeholders guna mendukung analisa atau penelitian terkait Makroprudensial/SSK.
 
Selain itu, SSKI juga diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan pemahaman masyarakat yang lebih baik terhadap kebijakan yang ditempuh BI terkait Makroprudensial/SSK.
 
"Untuk mewujudkan kebijakan di bidang Makroprudensial yang lebih efektif, BI perlu memiliki statistik yang lebih fokus kepada kebijakan Makroprudensial atau SSK," kata Tirta.
 
SSKI ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan tersebut, selain juga melengkapi Statistik Perbankan Indonesia yang mulai tahun ini dialihkan ke OJK.
 
Publikasi SSKI juga akan melengkapi publikasi-publikasi sebelumnya, seperti Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI), Indikator Terpilih Moneter dan Sistem Pembayaran (ITEMS), yang menjadi pendukung berbagai kebijakan BI dan lembaga lainnya.
 
Data SSKI bersumber dari internal BI maupun pihak-pihak terkait yang menjadi mitra bank sentral.
 
Sumber data dari internal BI pada umumnya berupa laporan dan survei yang dilakukan BI,sementara data dari pihak terkait pada umumnya merupakan data sekunder yang diperoleh dari lembaga yang memiliki otoritas di bidang tertentu atau memiliki kegiatan pengumpulan data di sektor tertentu, misalnya Kementrian Keuangan, OJK, Bloomberg, dan lain-lainnya.
 
"Publikasi SSKI dapat dilihat di website Bank Indonesia pada menu "Statistik, Statistik Sistem Keuangan Indonesia," kata Tirta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper