Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Balik Papan Sediakan Rp4 Triliun Untuk Penukaran Uang Jelang Lebaran

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyiapkan uang kartal sebanyak Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang baru bagi masyarakat di kota itu selama bulan puasa hingga lebaran.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyiapkan uang kartal sebanyak Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang baru bagi masyarakat di kota itu selama bulan puasa hingga lebaran.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Edi Wijaya optimistis nominal tersebut mampu memenuhi kebutuhan penukaran uang hingga lebaran dengan asumsi nominal tersebut berjumlah dua kali lipat dari total nominal penukaran uang pada tahun lalu.

“Untuk bulan puasa hingga lebaran kali ini kami siapkan Rp4 triliun, bercermin dari tahun lalu yang penukarannya mencapai Rp2 triliun. Jadi yang kami siapkan ini lebih dari cukup,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (30/6/2015).

Dia memprediksikan penukaran uang baru pada lebaran tahun ini akan meningkat antara 10-20% dengan total penukaran uang yang diperkirakan akan mencapai hingga Rp2,5 triliun. Sejak hari pertama puasa hingga saat ini, penukaran uang baru telah mencapai Rp168 miliar.

Untuk melayani penukaran uang baru, Bank Indonesia Balikpapan telah membuka pelayanan penukaran uang di Kantor Bank Indonesia sejak tanggal 18 Juni silam hingga 9 Juli mendatang. Pelayanan dilakukan setiap Senin-Kamis, pukul 09.00-11.00 Wita.

Namun, mulai 6-9 Juli mendatang pelayanan penukaran uang baru juga dapat dilakukan di mobil kas keliling Bank Indonesia yang akan beroperasi di delapan titik di Balikpapan.

“Selain mobil kas kami sendiri, kami kerjasama juga dengan Bank Kaltim dan Bank BNI untuk melayani penukaran uang dengan mobil kas keliling,” sambungnya.

Adapun Bank BNI selaku bank yang bekerjasama dengan BI, telah menyiapkan uang kartal sebanyak Rp40 miliar dan akan beroperasi di lima titik di Balikpapan untuk melayani penukaran uang baru bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper