Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4.100 Pengusaha Kena Pajak di Jateng Siap Gunakan e-Faktur

Sebanyak 4.100 Pengusaha Kena Pajak di Jawa Tengah bersiap untuk menggunakan faktur pajak berbentuk elektronik (e-Faktur) seiring pemberlakuan e-Faktur di wilayah Jawa dan Bali pada 1 Juli 2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG - Sebanyak 4.100 Pengusaha Kena Pajak di Jawa Tengah bersiap untuk menggunakan faktur pajak berbentuk elektronik (e-faktur) seiring pemberlakuan e-Faktur di wilayah Jawa dan Bali pada 1 Juli 2015. 

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jateng I Dasto Ledyanto mengatakan selama ini sosialisasi kepada PKP menggunakan e-faktur terus dilakukan.

Bahkan, pegawai pajak di masing-masing Kantor Pelayanan Pajak telah memberikan bimbingan teknis kepada pengusaha yang masuk kategori PKP.

“Sementara yang kami data, PKP yang siap gunakan e-faktur 4.100. Datanya bisa berkembang,” papar Dasto dalam sosialisasi pemberlakuan e-faktur di Jawa dan Bali di Semarang, Rabu (1/7/2015) sore. 

Dia mengakui masih banyak pengusaha di wilayah ini belum masuk  kategori PKP karena secara omzet per tahun belum mencapai Rp4 miliar. Namun demikian, pegawai DJP Jateng I terus melakukan pendataan secara masif agar tidak terjadi penyalahgunaan yang mengakibatkan kerugian negara. 

Fakta di lapangan, kata dia, pengusaha sebagian tidak paham dengan sistem baru yang terakses secara online. Selain itu, sebagian dari pengusaha belum familiar dengan perangkat penunjang seperti komputer maupun penggunaan aplikasi smartphone

Menurutnya, pemberlakuan e-faktur merupakan wujud peningkatan laayanan Ditjen Pajak bagi PKP dengan tujuan memberikan kemudahan, kenyaman dan keamanan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan khususnya pembuatan faktur pajak. 

“Manfaatnya, e-faktur pajak tidak diharuskan dicetak, permintaan nomor seri faktur pajak disediakan secara online via website Ditjen Pajak,” terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper