Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cigna Corp Gelar Pertemuan Pertama Dengan Anthem Inc

Perusahaan asuransi AS Cigna Corp menggelar pertemuan pertamanya dengan Anthem Inc. Sebelumnya, Cigna menolakan tawaran merger dari Anthem senilai US$47 miliar.
Ilustrasi asuransi/dreamstime.com
Ilustrasi asuransi/dreamstime.com

Bisnis.com, NEW YORK --‎ Perusahaan asuransi AS Cigna Corp menggelar pertemuan pertamanya dengan Anthem Inc. Sebelumnya, Cigna menolakan tawaran merger dari Anthem senilai US$47 miliar.

Meski demikian,‎ menurut sumber Reuters, Jumat (3/7), belum jelas apakah pembicaraan antara kedua perusahaan menghasilkan kesepakatan penggabungan.

Pertemuan Cigna dan Anthem itu menyusul rencana Cigna untuk mengakuisisi perusahaan asuransi berskala lebih kecil Humana Inc. Dalam akuisisi itu, Cigna bersaing dengan Aetna Inc.

Namun, saat dikonfirmasi baik ke pihak Cigna maupun Antem, keduanya enggan berkomentar. Pertemuan tersebut pertama kali dikabarkan oleh CNBC.

Sebagai informasi, jika Cigna dan Anthem bergabung keduanya akan mengelola 53 nasabah baik di ranah komersial, pemerintahan, serta perencanaan asuransi kesehatan lainnya.

Sementara itu, bulan lalu, dalam penolakannya, Cigna menilai bahwa Anthem tak memiliki strategi pertumbuhan yang memadai. Cigna juga menyoroti kedudukan Joseph Swedish yang menduduki empat posisi sekaligus jika menjabat sebagai pemimpin perusahaan hasil merger. 

Akuisisi Humana
Sementara terkait rencana akuisis Cigna terhadap Humana, kabar terakhir menyebutkan Aetna hampir mencapai kesepakatan dengan Humana. Aetna membeli Humana senilai US$34 miliar dalam bentuk uang tunai dan perjanjian saham.
Aetna menawarkan harga senilai US$230 per saham. Angka itu lebih tinggi 23% dibandingkan dengan harga saham Humana pada penutupan pasar Kamis (2/7/2015). Adapun, kesepakatan akuisisi itu dikabarkan akan segera dirilis paling cepat akhir pekan ini.‎
Jika akuisisi itu terealisasi, kesepakatan Aetna-Humana akan menjadi aksi terbesar di industri asuransi sejak Anthem Inc membeli WellPoint senilai US$16,6 miliar pada 2004.‎
Belakangan ini, perusahaan asuransi raksasa Amerika Serikat memang gencar melakukan akuisisi untuk mengerek keanggotaan pada program layanan kesehatan yang dibiayai pemerintah.
Semakin besar perusahaan, makin kuat pula posisinya dalam menegosiasikan harga dan memperkuat jejaring dokter yang tersedia.
Sebelumnya, Centene Corp menyatakan bakal membeli Health Net Inc, perusahaan asuransi kesehatan yang berukuran lebih kecil, seharga US$6,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper