Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOMENTUM LEBARAN, BI Perkirakan Inflasi Juli Menguat

Bank Indonesia memperkirakan tekanan inflasi Juli di Sumatra Barat bakal lebih menguat, mengingat momen Lebaran yang akan meningkatkan permintaan masyarakat.
Belanja di pasar. /Antara
Belanja di pasar. /Antara

Bisnis.com, PADANG - Bank Indonesia memperkirakan tekanan inflasi Juli di Sumatra Barat bakal lebih menguat, mengingat momentum Lebaran yang akan meningkatkan permintaan masyarakat.

Kepala Divisi Asesmen dan Pengembangan Ekonomi Daerah Bank Indonesia Sumbar Bimo Epyanto meyakini tekanan akan lebih menguat di bulan depan, saat momentum Lebaran yang berbarengan dengan musim libur sekolah.

"Puncak permintaan masyarakat adalah ketika Lebaran, yang berbarengan dengan musim libur sekolah," katanya, Sabtu (4/7/2015).

Menurutnya, tekanan inflasi itu dipicu melonjaknya harga kebutuhan pokok yang berbarengan dengan tingginya permintaan masyarakat. Selain itu juga kebutuhan BBM yang meningkat memasuki arus mudik dan balik Lebaran.

Adapun, Data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat mencatatkan inflasi dua kota, Padang dan Bukittinggi yang menjadi tolok ukur ekonomi Sumbar sedikit naik.

Per Juni 2015 inflasi Kota Padang 0,83% dan Bukittinggi 0,45%.Laju inflasi tersebut menyebabkan inflasi tahun kalender Kota Padang minus 2,02% dan Bukittingg minus 0,91%, sedangkan year on year (yoy) terhadap tahun sebelumnya inflasi Padang mencapai 8,42% dan Bukittinggi 6,34%.

Dia mengingatkan pemerintah daerah perlu mewaspadai peningkatan permintaan cabai merah dan komoditas lainnya asal Jawa yang berbarengan dengan penurunan pasokan komoditas tersebut di pasaran.

Sebagai langkah antisipasi, sebelumnya TPID Sumbar sudah mengeluarkan kebijakan yang mendorong kepala daerah untuk menginstruksikan Dinas Perhubungan mempermudah perizinan bagi kendaraan pengangkut kebutuhan pokok selama H-7 hingga H+7 Lebaran. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper