Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Ekonomi, 10 Hal Tak Bisa Dilakukan Orang Yunani

Penolakan dana talangan (bailout) atas kegagalan Yunani membayar utang sebesar 1,6 miliar euro atau sekitar Rp 23,6 triliun ke Lembaga Moneter Internasional (IMF) mengakibatkan masyarakat di negara tersebut mengalami beberapa kesulitan.
Krisis Yunani./Reuters
Krisis Yunani./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-- Penolakan dana talangan (bailout)  atas kegagalan Yunani   membayar utang sebesar 1,6 miliar euro atau sekitar Rp 23,6 triliun ke Lembaga Moneter Internasional (IMF) mengakibatkan masyarakat di negara tersebut mengalami beberapa kesulitan.

Dilansir dari The  Guardian, ada 10 hal yang tidak dapat dilakukan oleh masyarakat Yunani pasca-mengalami guncangan ekonomi setelah menolak tawaran bailout.

1. Pembatasan penarikan uang.
Masyarakat Yunani tidak dapat melakukan penarikan uang lebih dari €60 (sekitar Rp. 880.000,-) dalam sehari.

2. Penggunaan kartu kredit yang terbatas.
Transaksi uang melalui kartu kredit di Yunani masih diperbolehkan, tetapi banyak penjual yang hanya mau menerima pembayaran secara tunai. Bahkan, beberapa penjual mencoba menawarkan diskon untuk menarik pembeli agar dapat membayar secara tunai

3. Dilarang transfer uang ke luar negeri.
Untuk saat ini, transfer uang ke luar negeri tidak diperbolehkan, kecuali mendapat ijin dari komite khusus.

4. Pengguna iPhone tidak dapat mengunduh aplikasi.
Para pengguna iPhone di Yunani telah diblok agar tidak dapat mengunduh aplikasi di iPhone. Bagi mereka yang memiliki rekening langganan untuk membayar iCloud akan menerima pesan error karena biaya debit bulanan. Pesan tersebut mengatakan bahwa akun mungkin mengalami downgraded.

5. Pembayaran melalui PayPal tidak dapat digunakan.
Masyarakat Yunani dapat menerima pembayaran PayPal, tetapi uang tersebut tidak dapat digunakan. Perusahaan mengatakan bahwa kapital mengontrol pendanaan dompet PayPal dari akun masyarakat Yunani saat ini tidak tersedia.

6. Belanja online hanya di situs web Yunani.
Berbelanja di situs web yang berasal dari luar Yunani akan dibatasi.

7. Jual beli saham terbatas.
Bursa Athena telah ditutup selama tujuh hari. Bursa akan   dibuka kembali besok.

8. Pembayaran secara debit dibatasi.
Pembatasan dalam pembayaran secara debit telah menyulitkan mereka para penyewa. Ada banyak laporan bahwa debit langsung untuk membayar tagihan berlangsung lambat dan e-banking berderit.

9. Kebutuhan Pokok terbatas.
Masyarakat Yunani telah memiliki stok bahan-bahan seperti kopi, beras, dan sabun. Sayangnya, berdasarkan laporan, telur dan daging kini sulit diperoleh.

10. Obat-obatan impor dari luar negeri.
Hampir sebagian besar obat yang ada di Yunani berasal dari impor. Ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa stok obat-obat penting kini semakin berkurang. Saat ini, Yunani telah berhutang lebih dari €1,1 miliar kepada perusahaan obat internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper