Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Gelar Edukasi untuk Tokoh Masyarakat & UMKM di Gorontalo

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan edukasi keuangan bagi tokoh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Provinsi Gorontalo.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, GORONTALO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan edukasi keuangan bagi tokoh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Provinsi Gorontalo.

Acara yang berkonsep training of trainers ini diadakan di Hotel Maqna, Gorontalo, 27-28 Juli 2015. Sebanyak 50 orang peserta dari berbagai wilayah di Gorontalo ikut dalam kegiatan yang diprakarsai oleh OJK bekerja sama dengan pemerintah daerah Gorontalo. 

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai manfaat dan risiko produk dan jasa keuangan serta hak dan kewajiban sebagai konsumen keuangan.

Selain itu, diharapkan para peserta dapat menjadi penyuluh di komunitas dan masyarakat dengan menyampaikan pengetahuan yang diperolehnya selama dua hari pelatihan.

“Nantinya para peserta diharapkan mampu menyadarkan masyarakat mengenai manfaat dan resiko produk dan jasa keuangan. Kami berkeyakinan dengan kegiatan ini masyarakat lebih berhati-hati memanfaatkan produk dan jasa keuangan,” katanya di Gorontalo, Senin (27/7/2015).

Berdasarkan hasil survei nasional 2013, diketahui bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia hanya sebesar 21,84% dengan tingkat inklusi sebesar 59,74%.

Untuk menunjang kegiatan ini, OJK mengundang pakar keuangan dari FPSB (Financial Planning Standard Board). Financial Planner ini akan memberikan materi perencanaan keuangan dan simulasi pengelolaan uang sehari-hari.

“Melalui materi perencanaan keuangan ini harapanya peserta dapat membuat rencana keuangan sendiri. Minimal membuat buku catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan sehari-hari. Ini yang diharapkan diduplikasi di masyarakat ketika mereka menjadi trainer,” ujarnya.

Selain itu, terdapat materi dari lembaga jasa keuangan (LJK) mengenai produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. LJK tersebut di antaranya PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo dan PT Pegadaian (Persero).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper