Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Imbau Masyarakat Jaga Kedaulatan Rupiah

Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk menjaga kedaulatan nilai tukar rupiah.
Rupiah/JIBI-Abdullah Azzam
Rupiah/JIBI-Abdullah Azzam
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk menjaga kedaulatan nilai tukar rupiah.
 
Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo mengatakan seluruh pembayaran transaksi di Indonesia harus menggunakan nilai tukar rupiah agar berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia.
 
"Kami pesan bahwa selain kebijakan utama BI, BI juga meminta masyarakat untuk menjaga kedaulatan nilai tukar rupiah agar semua pembayaran transaksi di NKRI menggunakan rupiah. Hal ini akan membuat ekonomi kita lebih mempunyai stabilitas yang baik," ujarnya seusai silahturahmi di Gedung OJK, Senin (27/7/2015).
 
Dalam menghadapi fluktuasi nilai tukar rupiah, Bank Sentral berjanji akan selalu berada di pasar agar volatilitas berada dalam batas yang sehat dan kepercayaan masyarakat pun juga terjaga.
 
Pagi tadi, dolar AS dibuka di kisaran Rp 13.466 dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di level Rp13.440.
 
"Kondisi nilai tukar Indonesia semua dalam keadaan baik. Kita enggak perlu khawatir dengan nilai tukar Indonesia," katanya.
 
Nilai tukar rupiah yang melemah merupakan dampak dari kondisi eksternal yakni perekonomian di Amerika Serikat yang terus mengalami perbaikan, walaupun tidak sesuai dengan prediksi.
 
"Selain itu ada statement Gubernur The Fed bahwa Fed Fund Rate akan meningkat sehingga dolar AS menguat dan mata uang negara lain terpengaruh. Hal itu lah yang berdampak pada perekonomian dunia tidak hanya terjadi pada Indonesia saja," tutur Agus.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper