Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGADUAN KONSUMEN: Bank Paling Banyak Dapat Komplain

Industri perbankan masih menjadi industri keuangan yang mendapatkan keluhan paling banyak dari masyarakat.
Ilustrasi/toptenstuffs
Ilustrasi/toptenstuffs

Bisnis.com, JAKARTA--Industri perbankan masih menjadi industri keuangan yang mendapatkan keluhan paling banyak dari masyarakat.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S. Soetiono menuturkan hingga semester I tahun ini jumlah pengaduan yang diterima contact center OJK sebanyak 644 pengaduan.

Sedangkan secara akumulasi dari 2013 hingga Januari 2015, layanan konsumen OJK dengan nomor 1500655 telah memberikan 31.553 layanan yang terdiri dari 4.244 penyampaian informasi, 24.191 pertanyaan, dan 3.118 pengaduan.

"Dari 644 pengaduan, sektor perbankan menyumbang pengaduan yang paling besar sebanyak 390 pengaduan atau 60,5% dari keseluruhan pengaduan," ucapnya kepada Bisnis.com di Jakarta baru-baru ini.

Menyusul indutri perbankan, industri keuangan non bank (IKNB) mencatatkan pengaduan sebanyak 231 pengaduan atau menyumbang 35,8% dan sisanya sebanyak 23 atau 3,7% merupakan pengaduan di sektor pasar modal.

Titu, sapaan akrabnya, menyebutkan pengaduan yang terkait dengan industri perbankan didominasi oleh masalah sistem pembayaran menggunakan kartu, terutama kartu kredit. Adapun secara keseluruhan pengaduan yang diterima OJK terkait industri keuangan didominasi oleh masalah kredit.

Sebanyak 34% merupakan pengaduan terkait kredit, baik kredit yang disalurkan perbankan maupun industri keuangan non bank, 25% pengaduan terkait kredit dengan agunan, 20% pengaduan terkait restrukturisasi kredit, 13% pengaduan terkait tabungan, 8% terkait kartu kredit.

Dihubungi terpisah, Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Budi Satria menjelaskan tidak heran apabila pengaduan terkait industri perbankan mendominasi pengaduan yang diterima oleh pihak otoritas. Menurutnya, hal ini disebabkan dari industri keuangan yang diawasi OJK, industri perbankan memiliki nasabah yang paling banyak.

"BRI saja saat ini punya 40 juta nasabah, total nasabah perbankan pasti sangat besar. Wajar sekali apabila keluhan terbesar dari nasabah perbankan," ucapnya.

Budi menyatakan keluhan yang datang dari nasabah sangat beragam, mulai dari masalah administratif sampai masalah yang menyangkut operasional perbankan. Nasabah yang banyak menyampaikan pengaduan, menurutnya, adalah nasabah yang belum mendapatkan edukasi secara maksimal dan intensitas berhubungan dengan bank tidak terlalu sering.

Untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada nasabah dan mengurangi tingkat keluhan nasabah, Budi menuturkan perseroan terus berusaha memperbaiki kemampuan pegawai bank dengan berbagai pendidikan yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper