Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mari Elka Pangestu Jadi Guru Besar Tidak Tetap UI

Mantan menteri perdagangan Mari Elka Pangestu, Sabtu (8/8/2015) berhasil meraih gelar Guru Besar Tidak Tetap dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI).
Mari Elka Pangestu. /
Mari Elka Pangestu. /
Bisnis.com,  JAKARTA—Mantan menteri perdagangan Mari Elka Pangestu, Sabtu (8/8/2015) berhasil meraih gelar Guru Besar Tidak Tetap dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia  (UI).
Dalam penobatan gelar pendidikan tersebut, Mari tidak sendirian. Bersama Amy Yayuk Sri Rahayu yang berasal dari Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI, Marie dikukuhkan oleh Rektor UI Muhammad Anis.
Dalam pidato ilmiahnya dengan judul, Globalisasi, Kekuatan Ekonomi Baru dan Pembangunan Berkelanjutan: Implikasi bagi Indonesia, Mari menyampaikan bahwa ekonomi kreatif, adalah kekuatan baru ekonomi Indonesia untuk menjawab tantangan globalisasi dan mencapai pembangunan berkelanjutan.
Mari menguraikan bahwa tantangan global yang dihadapi Indonesia adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi global selama 3-5 tahun kedepan, untuk itu, Indonesia perlu diversifikasi ekspor dan memupuk sumber daya saing dan pertumbuhan baru.
Indonesia memang memiliki keunggulan komparatif yang berbasis sumber daya alam maupun yang padat karya, namun jika hanya mengandalkan hal tersebut maka akan dengan mudah tertinggal.
“Kita butuh diversifikasi untuk membangun kekuatan kedepan, antara lain melalui keterampilan sumber daya manusia, teknologi, dan kreativitas.  Dengan membangun kapasitas seperti itu Indonesia bisa masuk dalam mata rantai nilai tambah global,” katanya.
Masih dalam pidatonya, dia menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi disebabkan oleh dua proses. Pertama, karena akumulasi modal, tenaga kerja dan sumber daya alam.
Kedua, karena peningkatan produktivitas yang disebakan oleh suatu ide kreatif untuk meningkatkan produksi dengan mengunakan faktor produksi dan proses produksi yang sama.
“Sehingga yang penting adalaah bagaimana ide kreatif tersebut muncul dan bagaimana pencetus ide kreatif dapat memperoleh nilai ekonomi sehingga kreativitas akan berlangsung terus,” tambahnya
Sementara itu dalam pidato guru besarnya, Amy membawakan tema  pengukuhannya yang berjudul Meritokrasi dan Revolusi Mental: Fenomena Perubahan Birokrasi Pelayanan Publik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper