Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong KPR, Bank Promo Bunga Rendah

Untuk mendorong pertumbuhan kredit, khususnya kredit pemilikan rumah (KPR), bank-bank kembali menggelar program promo dengan suku bunga KPR yang lebih rendah.
cimb niaga
cimb niaga

Bisnis.com, JAKARTA--Untuk mendorong pertumbuhan kredit, khususnya kredit pemilikan rumah (KPR), bank-bank kembali menggelar program promo dengan suku bunga KPR yang lebih rendah.

Head of Consumer Landing PT Bank CIMB Niaga Tbk Tony Tardjo mengatakan, perseroan akan segera meluncurkan bunga baru yang lebih rendah dibandingkan dengan bunga KPR yang ada saat ini, serta produk pembiayaan perumahan syariah dengan akad musyarakah mutanaqisah (MMQ) yang baru.

"Kami akan luncurkan bunga fixed 5 tahun yang lebih rendah. Bunga KPR yang baru lebih rendah 25 basis poin dari yang sekarang. Selain itu bunga fixed 1 hingga 2 tahun, kembali fixed pada tahun ketiga, baru floating," ucapnya kepada Bisnis.com, Senin (17/8/2015).

Tony menyebut, suku bunga KPR yang lebih rendah ini akan diluncurkan mulai Selasa (18/8/2015).

Sebelumnya CIMB Niaga mengadakan program KPR dengan menawarkan suku bunga sebesar 8,50% fixed 1 tahun, 8,88% fixed 2 tahun, 9,00% fixed 3 tahun, dan 9,99% fixed 5 tahun.

Tony juga menjelaskan, untuk produk pembiayaan perumahan yang baru nanti akan dilengkapi dengan fitur bungafixed kemudian floating dengan rasio loan to value (LTV) lebih tinggi dibandingkan LTV konvensional dan akan diluncurkan pada Rabu (19/8/2015).

Meningkat

Berdasarkan laporan presentasi perseroan per Juni 2015, kredit konsumer yang disalurkan oleh emiten berkode saham BNGA ini mencapai Rp51,25 triliun atau meningkat 6,9% dibandingkan penyaluran Juni 2014 yang senilai Rp47,95 triliun.

 Kredit properti tercatat senilai Rp22,96 triliun atau tumbuh sebesar 3,1% dibandingkan semester I/2014 yang senilai Rp22,26 triliun. Porsi KPR tercatat sebesar 45% dibandingkan total kredit konsumer perseroan.

Adapun rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) tercatat semakin menurun. Per Juni 2014 NPL KPR CIMB Niaga berada di angka 2,7%, turun menjadi 2,6% pada Maret 2015, dan menyentuh angka 2,3% pada Juni 2015.

"Kami targetkan NPL KPR berada di bawah angka 2% dan pertumbuhan KPR di level 12% hingga 14% pada akhir tahun," kata Tony.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono mengatakan saat ini perseroan mengadakan promo bagi nasabah yang mengambil KPR dalam BTN Properti Expo 2015 yang berlangsung dari 15 Agustus hingga 23 Agustus 2015 di Jakarta Convention Centre.

Maryono menyebutkan nasabah bisa mendapatkan potongan suku bunga KPR non subsidi menjadi 8,45%.

Turunkan Suku Bunga

Perseroan, lanjut Maryono, ada potensi untuk menurunkan suku bunga KPR non subsidi. Namun, pihaknya masih melihat kondisi ekonomi Nasional secara keseluruhan dan pergerakan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate.

"Kalau untuk KPR non subsidi pasti bisa turun, tapi enggak banyak, hanya sekitar 1%," katanya.

Berdasarkan website perseroan, suku bunga untuk KPR non subsidi di bawah Rp350 juta ditetapkan sebesar 12% dan KPR non subsidi minimal Rp350 juta ditetapkan sebesar 11,50%.

Sepanjang 6 bulan pertama tahun ini, BTN telah menyalurkan kredit perumahan senilai Rp112,90 triliun atau tumbuh sebesar 20,28% dibandingkan Juni 2014 yang senilai Rp93,87 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper