Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Perbankan ke Malaysia, OJK Tunggu Kepastian BNM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu kepastian dari Bank Negara Malaysia (BNM) sebelum melakukan penandatanganhead of agreement guna mempermudah ekspansi ke sana.
OJK Logo
OJK Logo

Bisnis.com,JAKARTAOtoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu kepastian dari Bank Negara Malaysia (BNM) sebelum melakukan penandatanganhead of agreementguna mempermudah ekspansi ke sana.

Deputi Komisioner OJK Mulya E. Siregar mengatakan BNM perlu memastikan ekspansi bank nasional yang mendapat statusQualified Asean Banks(QAB) akan diperlakukan sama dengan bank domestik.

Dalam bentuk surat. Kalau dia sudah kirim itu baru kitasignke Malaysia, katanya, Kamis (27/8/2015).

Hingga saat ini, lanjutnya, OJK belum mendapat balasan apapun terkait kepastian dari pihak BNM tersebut.

Rencananya, OJK akan menekenhead of agreementdengan BNM pada bulan depan. Saat ini, baru dua bank yang sudah dipastikan akan melakukan ekspansi ke negara jiran itu setelah penandatanganan ini dilakukan.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk rencananya akan membuka satu cabang di Malaysia. Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan pihaknya sudah menjajaki pembukaan cabang ke Malaysia dan akan dimasukkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun depan.

Kemudian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pun tahun ini akan segera melancarkan ekspansi bisnis perusahaan ke Malaysia. Direktur Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan perseroan akan membuka minimal delapan cabang di negara jiran itu.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad sempat mengungkapkan dengan status QAB, bank juga bakal memperoleh fasilitas bebas visa. Adapun, kriteria QAB tersebut hingga kini belum secara formal dirumuskan. Namun, OJK memperkirakan akan ada 4-5 bank asal Indonesia yang bisa memenuhi kriteria yang disyaratkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper