Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Sampaikan 3 Arahan Kepada Dirjen Bea Cukai

Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga arahan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.
Bea Cukai/Ilustrasi
Bea Cukai/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga arahan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan dalam pertemuan di Istana Merdeka, Presiden Jokowi menginstruksikan agar DJBC meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang kebutuhan pokok ilegal, salah satunya beras.

Kedua, supaya DJBC berkontribusi bersama dengan tim dari Menko Maritim untuk menurunkan dwelling time di semua fase, baik di fase preclearance, custom, maupun post-clearence.

"Ketiga, Bea Cukai diminta memastikan tidak ada praktik-praltik yang tidak benar di pelabuhan, misalnya penyuapan atau uang-uang yang tidak benar," ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (31/8/2015).

Tiga arahan tersebut akan segera ditindaklanjuti DJBC. Untuk meningkatkan pengawasan barang ilegal, DJBC akan menurunkan Tim Patroli yang terkonsentrasi di pantai timur Sumatra.

"Jadi kita punya pangkalan di situ. Nanti akan kita coba lakukan patroli laut secara lebih intensif lagi dan koordinasi antara kantor Batam, Tanjung Balai Karimun dan kantor-kantor di semua daratan Sumatera," lanjutnya.

Untuk memangkas dwelling time, DJBC akan mengimplementasikan koordinasi dengan Menko Meritim dan Menko Perekonomian.

Sementara itu, untuk memastikan tidak ada praktik uang suap, DJBC menerjunkan unit kepatuhan internal di titik-titik rawan praktik melenceng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper