Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebun Teh Punya BUMN Bakal Diubah Jadi Tempat Wisata

Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan lahan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII bakal diubah menjadi tempat wisata atau pusat pendidikan apabila proyek kereta cepat Jakarta-Bandung jadi direalisasikan.

Bisnis.com, JAKARTA--- Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan lahan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII bakal diubah menjadi tempat wisata atau pusat pendidikan apabila proyek kereta cepat Jakarta-Bandung jadi direalisasikan.

Rini mengatakan PTPN VIII memiliki lahan seluas 2.952 hektar yang digunakan untuk perkebunan teh. Menurutnya, Menteri BUMN pada 2009 telah menyatakan lahan tersebut tidak dapat digunakan untuk perkebunan teh lagi karena polusi tinggi.

“Hasil teh tidak bagus. Lahan ini untuk diubah menjadi agro industri dan daerah wisata. Selama ini PTPN belum bisa merealisasikan. Mengingat PTPN VIII harus tingkatkan pendapatan,” katanya dalam konferensi pers khusus terkait kereta Jakarta-Bandung, Jumat (4/9).

Selain PTPN VIII, BUMN yang bakal terlibat dalam proyek kereta Jakarta-Bandung antara lain PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Rini menegaskan proyek kereta Jakarta-Bandung ini tidak akan menggunakan dana APBN dan tidak akan dijamin pemerintah. Menurutnya, BUMN ini akan mengkaji proyek ini secara bisnis, tanpa menggunakan uang negara.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper