Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Janji Investasi Rp1.000 Triliun, Realisasi Kurang dari 4%

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan menyatakan janji investasi China mencapai Rp1.000 triliun, tetapi hingga Juni 2015 baru terealisasi kurang dari 4%.
China/Reuters
China/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan menyatakan janji investasi China mencapai Rp1.000 triliun, tetapi hingga Juni 2015 baru terealisasi kurang dari 4%.

“Bahkan, realisasi itu kurang dari 2% atau hanya sekitar Rp3 triliun. Padahal, China sudah gembar-gembor mau investasi ratusan triliun pada beberapa proyek nasional. Hasilnya, nol besar,” kata Heri Gunawan di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin (14/9/2015).

Rendahnya investasi China sebagaimana yang dijanjikan, diharapkan tidak ada hubungannya dengan berbagai deregulasi yang akhir-akhir ini gencar dilakukan, seperti penghapusan kewajiban berbahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing, kepemilikan properti oleh asing.

Apalagi, Tiongkok dikenal sebagai negara yang mau berinvestasi dengan berbagai persyaratan sendiri, antara lain pekerja mereka yang meng-handle proyek yang jadi objek investasinya.

“Jika itu yang menjadi penghambat, maka negara jangan kalah. Jangan korbankan kepentingan warga kita yang masih banyak menganggur untuk kepentingan asing yang merugikan. Masih banyak alternatif lain seperti negara Jepang, Korea Selatan, bahkan negara-negara Asia lainnya, yang sebetulnya lebih mampu merealisasikan investasinya. Tidak sekadar komitmen di atas kertas,” pungkas Heri Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper