Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SENSUS EKONOMI 2016: BPS Bekasi Lakukan Sosialisasi

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi melakukan sosialisasi Sensus Ekonomi 2016. Acara yang digelar di restoran Saung Raja Sunda, Bekasi, diikuti sekitar 50 peserta yang terdiri dari perwakilan aparatur Pemerintah Kota Bekasi dan kecamatan di Kota Bekasi
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com,BEKASI- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi melakukan sosialisasi Sensus Ekonomi 2016.

Acara yang digelar di restoran Saung Raja Sunda, Bekasi, diikuti sekitar 50 peserta yang terdiri dari perwakilan aparatur Pemerintah Kota Bekasi dan kecamatan di Kota Bekasi.

Slamet Waluyo, Kepala BPS Kota Bekasi mengatakan persiapan sensus ekonomi 2016 telah dilakukan sejak 2014 dengan dilakukan beberapa kegiatan studi, yang sebagian melibatkan BPS Provinsi.

"Tim result framework telah menyusun snapshot SE2016, yang menggambarkan tujuan umum dan khusus dari SE2016," katanya, Selasa (29/9/2015).

Dia menuturkan, tujuan umum sensus ekonomi 2016 adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Adapun, tujuan khusus sensus ekonomi 2016 itu bertujuan untuk memberikan gambarkan lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakter usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

Sensus ekonomi dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dengan tahun berakhiran angka 6. Adapun, sensus ekonomi 2016 adalah sensus keenam dari sebelumnya pada 1976-1986-1996-2006. Sensus dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI dan mencakup semua aktivitas ekonomi, kecuali sektor pertanian, dan skala ekonomi usaha.

Adapun, rincian rencana kegiatan sensus ekonomi 2016 terdiri publikasi sensus ekonomi 2016 pada Januari 2016, perekrutan petugas pada Januarai 2016, pelatihan calon petugas Maret-April 2016, pelaksanaan listing atau pendaftaraan usaha sensus ekonomi 2016 pada Mei.

Selanjutnya, pengolahan sensus ekonomi 2016 dilakukan pada Mei-Juni 2016, post enumeration survey (PES), gladi bersih pencacahan UMK/UMB dan pengadaan instrument pendataan UMK 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper