Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KREDIT USAHA RAKYAT: Bank Penyalur Optimistis Dapat Capai Target

Bank-bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) optimistis dapat mencapai target masing-masing penyaluran KUR pada tahun ini.
Bank BUMN merupakan motor penyalur KUR
Bank BUMN merupakan motor penyalur KUR

Bisnis.com, JAKARTA - Bank-bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) optimistis dapat mencapai target masing-masing penyaluran KUR pada tahun ini.

Bank-bank yang ikut dalam penyaluran KUR tersebut antara lain PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan penyaluran KUR yang dilakukan perseroan sejak Agustus 2015 lalu baru mencapai Rp3,5 triliun dari target tahun ini yang senilai Rp17,5 triliun.

"Sejak dimulainya penurunan bunga KUR menjadi 12% pada Agustus 2015. Sudah berjalan satu bulan 18 hari. Realisasi Rp3,5 triliun dari pagu yang Rp17,5 triliun," ujarnya seusai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (5/10/2015).

Pemerintah, lanjutnya, meminta bank-bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendorong penyaluran KUR yang sampai akhir September baru mencapai Rp5 triliun.

"Kita akan mengevaluasi apa-apa yang bisa dilakukan untuk mengakselerasi pertumbuhan KUR. Effort yang dilakukan bank pelaksana ini untuk bisa menaikkan pertumbuhan KUR," kata Asmawi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menuturkan penyaluran KUR yang dilakukan bank berkode emiten BBNI ini baru mencapai sekitar Rp159 miliar.

"Sekitar Rp150 miliar, Rp159an miliar. Ya kita usahakan bisa mencapai target, target kita kan sampai akhir tahun Rp3 triliun," ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah cara yakni membuka outlet dan menambah sumber daya manusia untuk mempercepat penyaluran KUR.

"Kan sekarang kita sudah buka outlet yang tadinya enggak boleh menyalurkan kredit sudah bisa kita buka. Ini bisa mempercepat penyaluran kredit dan terus Kita menambah orang-orang untuk KUR, mempercepat semua," tutur Baiquni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper